4 Tips Memilih Kacamata Terbaik Untuk Naik Motor

Advertisement
Mengendarai sepeda motor menjadi aktifitas yang cukup menyenangkan, selain dapat menikmati pemandangan yang lebih bebas motor juga bisa menembus jalanan sempit. Jadi mau kemanapun menjadi mudah.

Namun di iklim tropis seperti Indonesia, pengendara motor sering dibenturkan pada masalah silaunya sinar matahari ketika sedang berkendara di siang hari.


Padahal, itu bisa menganggu pandangan dan bisa membahayakan pengendara serta pengguna jalan lain. Sehingga alternatif yang dipilih biasanya menggunakan helm berkaca hitam atau dengan memakai kacamata hitam.

Tapi memilih kacamata untuk berkendara tidak bisa asal, pasalnya tidak semua kacamata didesain untuk meredam pancaran sinar matahari. Jadi meski kacamata hitam, belum tentu bisa meredam sinar matahari dengan baik.

Oleh sebab itu, hari ini Autoexpose akan memberikan tips memilih kacamata yang paling pas untuk berkendara di siang hari.

1. Pilih yang UV protection

Yang pertama, pastikan kacamata yang anda pilih itu memiliki label UV protection. Ini menunjukan apakah kacamata bisa menangkal sinar ultraviolet atau tidak.

Kacamata dengan UV protection memiliki lapisan anti-ultraviolet yang mampu menangkal sinar ultraviolet agar tidak masuk ke retina mata.


Biasanya label UV protection ini ada dibagian pojok kacamata. Selain itu, pilih juga perlindungan UV400 atau atau minimal 98% untuk perlindungan yang lebih sempurna. Memang harga kacamata ini lebih mahal, namun karena fungsi yang kita mau itu untuk melindungi mata jadi tidak apa-apa.

2. Pilih lensa polarized

Lensa polarized sering dipakai pada kacamata anti ultraviolet yang berkualitas. Bahan kaca ini memiliki lapisan yang bisa menangkal sinar ultraviolet hingga 98% sehingga tidak membuat mata silau.

Untuk warna kacanya, bisa anda pilih sesuai selera anda bisa pilih hitam kalau ingin terlihat cool atau warna lain seperti kuning keemasan yang juga banyak diminati.

Selain itu pilih juga lensa yang agak lebar. Ini dimaksudkan supaya mendukung kenyamanan berkendara anda. pasalnya kacamata yang kecil akan membatasi pandangan mata kita. Jadi untuk urusan berkendara usahakan memilih kacamata agak lebar supaya pandangan bisa lebih bebas.

3. Pilih kacamata dengan lapisan antigores

Yang tak kalah penting, goresan pada kacamata juga bisa mengganggu pandangan. Sementara kita tahu kalau kacamata untuk naik motor itu sudah pasti banyak dipakai diluar ruangan sehingga resiko kaca tergorespun semakin besar.

Oleh sebab itu kalau bisa pilih kacamata yang dilengkapi lapisan antigores agar aman dari goresan-goresan. Sehingga pendangan mata tetap bisa fokus.

4. Pilih bingkai yang fleksibel

Selain dari kaca, sisi kenyamanan kacamata juga dipengaruhi dari bentuk bingkai atau framenya. Karena kalau bingkainya kebesaran pasti kacamata terasa tidak nyaman dipakai. Jadi usahakan anda mencoba beberapa ukuran bingkai untuk menemukan mana yang pas untuk anda sehingga anda merasa nyaman.

Pilih juga frame yang fleksibel, ini sangat cocok menyesuaikan lekuk wajah anda serta lebih aman dari patah.