Apa Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi ?

Advertisement
Pada motor injeksi, kita akan menjumpai komponen bernama fuel pump atau pompa bensin. Sesuai dengan namanya, komponen ini berfungsi untuk memompa bensin dari tanki ke injektor.

Tetapi bukan hanya itu saja fungsi fuel pump, fuel pump juga berfungsi menahan tekanan bensin agar tetap stabil pada batas atas agar bensin bisa tersemprot lewat injektor.

Sehingga, meski fuel pump bisa memompa bensin tapi kalau tekanan hasil pompaannya kurang juga mesin bisa brebet hingga mogok.

Tapi bukan itu yang menjadi pokok pembahasan kita hari ini, lebih jauh lagi kadang fuel pump justru tidak terdengar bunyinya. Normalnya, ketika kita putar kunci kontak ke ON akan terdengar bunyi dengungan dengan durasi beberapa detik dari bagian tanki yang menandakan fuel pump sedang memompa bensin.

Tapi kalau bunyi itu tidak terdengar, apa penyebabnya ?

Penyebab Fuel Pump Motor Injeksi Mati


Penyebabnya bisa bermacam-macam

1. Karena sekering putus

Masalah pertama bisa disebabkan karena sekering motor putus. Sekering ini letaknya ada didekat aki (umumnya). Fungsi sekering ini hanya sebagai pembatas arus, jadi kalau arus yang mengalir ke rangkaian melebihi batas maka sekering akan terputus sehingga rangkaian pompa tidak terbakar.

Jadi kalau sekeringnya putus, maka ada indikasi korsleting pada rangkaian kelistrikan motor. Kalaupun anda ganti sekering baru dengan kapasitas yang sama, maka akan putus juga.

Maka solusinya anda perlu mengecek area mana yang paling mungkin terjadi korsleting. Untuk mencarinya, lanjut baca hingga point terakhir.

2. Soket kunci kontak gosong

Kunci kontak selain berfungsi untuk menghidupkan pengapian mesin juga untuk menghidupkan pompa dengan durasi beberapa detik.

Sehingga wajar apabila soket kunci kontak gosong. Saat soket ini terbakar/gosong, maka buntutnya sambungan antar terminal menjadi kurang klop sehingga arus listrik tidak dapat konek dengan baik. Selain itu, ada juga potensi korsleting karena terminal pada soket miring dan menempel pada terminal lain yang harusnya tidak saling menempel.

Jadi, untuk mengecek kondisi soket anda perlu membuka soketnya/melepas soket dari kunci kontak. Biasanya dari luar tampak normal pas dibuka masalahnya baru terlihat.

Solusi untuk soket yang gosong, adalah dengan mengganti unit soketnya.

3. Kerusakan pada IC pompa

Pompa bensin itu memiliki IC atau regulator yang mengatur durasi aktif pompa saat kunci kontak ON serta mengatur putaran motor pompa sesuai kebutuhan bensin yang diperlukan mesin.

IC ini biasanya terletak pada pompa itu sendiri, jadi untuk mengeceknya anda perlu melepas pompa dari dalam motor.

Lalu bagaimana cara mengecek IC pompa ?

Untuk mengecek IC itu cukup rumit karena didalam IC itu sendiri ada banyak sekali gabungan komponen elektronik seperti resistor, transistor dan lainnya. Yang perlu anda cek, itu soket dari motor yang masuk ke pompa.


Biasanya ada dua terminal, yaki power (+) dan masa (-), pastikan ketika kunci kontak ON ada arus yang mengalir pada soket tersebut. Untuk mengetahinya, anda bisa gunakan volt meter.

Tapi kalau tidak ada arus listrik, berarti masalahnya bukan berasal dari IC melainkan dari rangkaian kelistrikan motor itu sendiri.

4. Kabel pompa bensin terputus

Untuk mengecek kabel pompa apakah putus atau tidak, anda bisa menggunakan bantuan volt meter. Caranya seperti diatas, hubungkan jarum merah volt meter pada terminal + soket dan jarum hitam pada masa.

Lalu putar kunci kontak ke posisi ON, harusnya tegangan terbaca 12 volt. Tapi kalau tidak ada, maka ada kabel yang putus.

Atau cara lain anda bisa merunut kabel pompa untuk mencari tahu mana kabel yang putus. Ini lebih sulit tetapi tak perlu alat khusus.

5. Motor pompa sudah rusak

Terakhir, kerusakan bisa berasal dari pompa itu sendiri. Biasanya ketika motor pompa rusak, akan diawali dengan lemahnya tekanan bensin. Saat tekanan bensin melemah, maka gejala yang dirasakan adalah motor yang brebet bahkan mati saat digas.

Untuk masalah ini, cara paling aman untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti unit pompanya.