Begini Caranya Menggunakan Remote Vario 150 2018

Advertisement
Vario 150 terbaru yang keluar sejak tahun 2018 sudah dilengkapi dengan keyless system. Yakni sistem kunci kontak tanpa perlu kita memasukan kunci ke lubang ignition seperti pada umumnya.

Jadi secara simpel, keyless itu teknologi motor tanpa kunci kontak. Sehingga begitu anda akan menyalakan motor, tidak perlu memasukan kunci tapi tinggal pencet starter.

Hanya saja, bagi yang masih awam ini akan terasa ribet. Apalagi untuk menghidupkan sepeda motor yang dilengkapi keyless ini tidak bisa asal pencet start. Tapi ada prosedurnya, termasuk pada Vario terbaru ini.

Lalu bagaimana cara menghidupkan Vario 150 2018 menggunakan keyless ? simak ulasan berikut.

Cara Menggunakan Keyless Vario 150 2018

Perlu diketahui terlebih dahulu, meski tidak ada kunci kontak teknologi keyless memiliki sebuah remote. Remote ini berperan sebagai ID motor, jadi saat motor mau dihidupkan remote ini harus selalu didekat motor. Kalau letak remote ini berjauhan, maka motor tidak akan bisa dihidupkan.

Untuk cara menghidupkannya,

1. Ambil remote dan kenali tombol dan indikatornya

Pada remote Vario 150, ada dua tombol dan satu indikator kecil yang terletak diatas tombol. Tombol atas, adalah tombol answer back system yakni untuk mengetahui dimana lokasi motor saat diparkiran.

Sementara tombol dibawah, digunakan untuk menghidupkan motor.

2. Tekan agak lama tombol keyless

Saat anda menekan tombol keyless, akan berkedip lampu kecil di bagian atas tombol. Kalau kedipan lampu itu berwarna merah, artinya tidak ada koneksi antara kunci dengan motor. Maka motor tidak bisa dihidupkan.

img : Youtube/Aripitstop

Untuk menyambungkan, tekan tombol keyless agak lama sampai kedipan lampu berubah menjadi hijau.

3. Tekan tombol starter

Setelah kedipan pada remote berubah menjadi hijau, itu tandanya remote sudah terkoneksi dengan motor. Langkah selanjutnya adalah menekan tombol start. Langkah ini adalah langkah konfirmasi, jadi kalau remote yang digunakan bukan kunci aslinya maka motor akan menolak.

Tetapi saat remote yang digunakan itu asli, maka akan muncul indikator kunci berwarna kuning pada dashboard. Itu tandanya ID remote sudah terkonfirmasi dan motor siap dinyalakan.

img : Youtube/Aripitstop

4. Putar knob ke posisi ON

img : Youtube/Aripitstop

Putar knob (yang terletak diarea ignition switch) kekanan atau searah jarum jam sampai mentok. Maka semua indikator pada dashboard akan menyala, itu tandanya motor sudah aktif.

5. Untuk menghidupkan mesin, tekan lagi tombol starter

Pada langkah keempat, motor sudah berhasil dinyalakan. Kalau mau menghidupkan mesinnya, seperti biasa, standar harus naik, tekan tuas rem, dan tekan tombol starter.

Untuk mematikannya bagaimana ?

Untuk mematikan mesinnya, kita Cuma memutar knob ke kiri pada posisi OFF. Namun, indikator kunci pada dashboard masih nyala, itu tandanya remote dengan motor masih terhubung.

Untuk menyalakannya kembali tinggal putar knob ke posisi ON lalu tekan starter, tapi kalau mau memarkirkan motor maka kita perlu memutuskan koneksinya.

Caranya anda tinggal pergi saja sambil membawa remote, otomatis koneksi akan terputus karena berjauhan. Atau yang lebih aman, setelah memutar knob ke posisi OFF tekan lagi tombol starter. Itu akan mematikan koneksi motor dengan remote meski posisi remote ada didekat motor.

Hal yang perlu diperhatikan pada keyless ini antara lain ;


  • Pastikan posisi remote selalu berdekatan saat motor digunakan. Karena kalau motor sedang jalan, lalu koneksi tiba-tiba terputus mesin bisa langsung mati.
  • Jaga remote agar tidak sampai jatuh, terbentur, atau terendam. Ini akan merusak gelombang transmitter didalam remote, hasilnya ID remote bisa tidak dikenali motor sehingga motor tidak mau hidup.
  • Anda harus membiasakan penggunaan seperti ini saat baru menggunakan keyless karena keyless ini benar-benar berbeda dari kunci kontak konvensional.