Motor Karbu Kehabisan Bensin, Begini Cara Menghidupkannya

Advertisement
Kehabisan bensin ditengah jalan memang sangat memalukan juga mengesalkan, karena hal sepele ini kita jadi menuntun motor untuk sampai ke penjual bensin terdekat. Tapi kalau penjual bensinnya jauh ?

Belum lagi kalau ditanya orang yang bersimpangan dengan kita, itu yang sebenarnya membuat kita malu.

Lantas, apakah motor yang kehabisan bensin itu bisa langsung dinyalakan seperti biasa atau ada teknik khusus ? mari kita bahas.

img by batamclick.com

Bensin merupakan bahan bakar utama sepeda motor, semua orang tahu itu. Tapi apa yang terjadi kalau bahan bakar ini habis hingga kering ? tentu mesin akan langsung mogok karena bensinnya memang tidak menetes.

Efeknya ternyata beda antara motor injeksi dan motor karburator,

Motor yang masih menggunakan karbu, kalau bensinnya habis maka motor akan sulit dihidupkan sesaat bensin diisi. Itu karena bensinnya masih mengalir untuk mengisi ruang didalam karburator.

Jadi kalau motor anda masih pakai karburarator lalu kehabisan bensin maka jangan panik saat mau dihidupkan mesinnya tidak langsung menyala.

Lalu bagaimana cara menghidupkannya ?

Setelah bensin diisi, gunakan kick starter dalam posisi kunci kontak OFF kurang lebih 3 kali. Ini bertujuan untuk menyedot bensin dari tanki supaya bisa masuk mengalir kedalam karburator. Setelah itu, anda ON-kan kunci kontak dan hidupkan mesin menggunakan elektrik starter atau menggunakan kick starter.

Kalau belum hidup juga, kemungkinan masih ada udara didalam karburator. Untuk itu gunakan kick starter saat akan menyalakan mesin dengan gas dibuka sedikit.

Sementara untuk motor injeksi ternyata punya resiko lebih besar dibandingkan motor yang masih menggunakan karburator. Alasannya, ada perbedaan sistem suplai bahan bakar antara motor injeksi dan karbu.

Mungkin anda juga sudah tahu kalau motor injeksi itu menggunakan teknologi seperti komputer, tapi komputer seperti apa ? pada sistem injeksi ada tiga komponen utama yaitu elektrik fuel pump, injektor, dan ECU.

Elektrik fuel pump bertugas memompa bensin dari tanki ke injektor, injektor bertugas menyuplai bensin ke ruang bakar, dan ECU bertugas mengatur kinerja dua komponen tersebut atau dengan kata lain ECU adalah processornya.

Kalau bensin habis, maka fuel pump tetap menyala dan ini akan membuat angin masuk melalui fuel pump. Efeknya masuk angin seperti pada mesin diesel.

Sehingga untuk menghidupkannya perlu dilakukan bleeding, untuk lebih lengkapnya bisa anda simak pada artikel berikut Begini cara mengidupkan motor injeksi yang kehabisan bensin.

Sekian artikel dari saya semoga menambah wawasan kita semua.