Aki 12 Volt Berapa Ampere ? Ini Penjelasannya

Advertisement
Ampere adalah satuan yang menunjukan kuat arus atau banyaknya arus listrik yang mengalir. Pengaruh arus listrik ini, semakin banyak ampere yang mengalir maka semakin besar pula beban kelistrikan yang mampu dihidupkan.

Mungkin anda penasaran, aki yang digunakan pada kendaraan itu bisa mengeluarkan arus berapa ampere ?

Inilah yang akan kita bahas pada artikel berikut.

Arus, Tegangan, dan Daya listrik Pada Aki


Yang perlu anda pahami lebih dulu adalah arus yang dikeluarkan oleh aki itu tergantung berapa watt daya yang diperlukan pada beban kelistrikan.

Sebagai contoh, untuk menghidupkan dinamo starter maka perlu daya lebih besar daripada untuk menghidupkan lampu. Maka apabila diukur, arus yang mengalir untuk menghidupkan dinamo starter lebih besar.

Sehingga bisa dikatakan, arus yang dapat dikeluarkan aki itu sebenarnya bisa besar sekali. Namun aki memiliki kapasitas sama seperti baterai ponsel. Tapi bedanya pada baterai ponsel kapasitas baterai diukur dengan satuan mAH sementara pada aki diukur menggunakan satuan AH.


Sebagai contoh aki memiliki spesifikasi 12 V 40 AH. Itu artinya aki memiliki tegangan 12 Volt dan kapasitas aki 40 AH.

Dengan kapasitas 40 AH, berarti aki mampu mengeluarkan arus dengan besar 40 ampere selama satu jam, atau 80 ampere selama 30 menit, atau 160 ampere selama 15 menit dan 320 ampere selama 7,5 menit.

Jadi apabila anda melihat spesifikasi aki 40 AH bukan berarti arus maksimal yang mampu dikeluarkan aki itu 40 ampere, tapi bisa mencapai 320 ampere. Kalau aki memiliki kapasitas 60 AH, maka aki bisa mengeluarkan arus 60 ampere dalam satu jam, atau kalau diatur untuk mengeluarkan arus 40 ampere, maka aki 60 AH bisa bertahan sampai 90 menit.

Besar arus yang dikeluarkan aki itu dipengaruhi oleh daya listrik dalam satuan watt. Seperti contoh diatas, apabila apabila dinamo starter memiliki daya 1200 watt maka aki harus mengeluarkan arus dengan besar 100 ampere.

Anda bisa baca artikel berikut hubungan antara arus listrik, tegangan dan daya listrik untuk lebih detailnya.

Jadi kesimpulannya,

Setiap aki memiliki kapasitas yang beda-beda, ada yang 35 AH, 40 AH, 45 AH, juga 60 AH. Sementara arus yang dikeluarkan aki itu tergantung berapa daya listrik yang dibutuhkan tiap beban kelistrikan.

Intinya baik aki 40 AH atau 60 AH itu bisa mengeluarkan arus dengan besar yang sama, tapi jelas aki 60 AH bisa lebih tahan lama karena punya kapasitas lebih besar.

Sekian semoga bisa menambah wawasan kita semua.