7 Kegunaan Penting Minyak Bumi Dalam Kehidupan Manusia

Ada banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari minyak bumi, salah satunya minyak bumi saat ini menjadi bahan utama untuk dijadikan bahan bakar kendaraan.

Selain sebagai bahan bakar kendaraan, ternyata minyak bumi memiliki kegunaan lain. Lalu apa saja ? simak artikelnya dibawah.

fraksi yang ada pada minyak bumi

Minyak bumi terdiri dari banyak senyawa hidrokarbon baik yang jenuh, tak jenuh dan aromatik, bahan bakar seperti bensin dan solar merupakan bagian kecil saja dari minyak bumi. Selain dua bahan tersebut, masih ada bahan lainnya yang memiliki fungsinya masing-masing.

Dari banyaknya kegunaan minyak bumi, kami tuliskan 7 manfaat penting minyak bumi pada kehidupan manusia.

1. Sebagai bahan bakar


Manfaat paling penting minyak bumi bagi kehidupan kita adalah sebagai bahan bakar. Meski sekarang sudah banyak dijual bahan bakar bio, nyatanya ketergantungan terhadap bahan bakar fosil ini masih cukup tinggi.

Beberapa jenis minyak bumi yang digunakan sebagai bahan bakar antara lain ;

  • LPG sebagai bahan bakar kompor gas
  • Bensin sebagai bahan bakar kendaraan
  • Solar sebagai bahan bakar mesin diesel
  • Avtur sebagai bahan bakar pesawat jet


2. Bahan pembuatan pelumas

Oli mesin yang kita pakai untuk motor kita ternyata bahan dasarnya berasal dari minyak bumi. Meski sekarang sudah marak oli full sintetis, oli mineral juga masih diminati karena harganya lebih terjangkau.

Selain sebagai bahan dasar pembuatan oli mesin, jenis pelumas lain juga menggunakan bahan dasar oli dari minyak bumi.

3. Untuk membuat jalan

Zat sisa dari penyulingan minyak bumi adalah aspal, fungsinya sebagai pelapis jalan. Meskipun aspal itu padat, sebenarnya aspal adalah benda cair sangat kental yang pada suhu ruangan berbentuk padat.

4. Untuk membuat polimer

Polimer adalah bahan dasar untuk membuat plastik, jenis minyak bumi yang digunakan untuk membuat polimer adalah etilena dan propilena. Kedua hidrokarbon tersebut akan diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan biji plastik yang siap diolah menjadi beraneka ragam bentuk.

5. Untuk membuat lilin

Bahan dasar lilin adalah parafin wax, parafin wax merupakan sisa hidrokarbon jenuh yang tidak menguap saat proses penyulingan. Jadi bisa dibilang parafin ini residu dari minyak bumi tapi hanya terdiri dari senyawa alkana atau hidrokarbon jenuh.

6. Sebagai bahan campuran dalam industri

Selain digunakan sebagai bahan dasar lilin, parafin wax juga digunakan sebagai campuran pada industri apapun. Misalnya ;

  • Pada industri makanan digunakan sebagai campuran membuat pelapis makanan agar benar-benar kedap.
  • Sebagai campuran pembuatan wax paper
  • Membuat crayon
  • Campuran pembuatan ban supaya lebih tahan bocor
  • Pada industri kelistrikan banyak dipakai sebagai campuran pelapis kelistrikan, seperti isolator kabel.
Selain parafin wax, jenis hidrokarbon lain yang juga digunakan pada industri adalah benzena atau petroleum ether. Senyawa turunan dari benzena memiliki fungsi antara lain ;

  • Fenol, digunakan sebagai bahan campuran plastik, pembuatan obat-obatan, antiseptik dan desinfektan.
  • Toluena, sebagai bahan untuk membuat asam benzoat dan TNT.
  • Asam benzoat, digunakan sebagai pengawet makanan
  • Asam salisina, digunakan untuk membuat aspirin, perasa, minyak wangi, dan shampo.


7. Sebagai larutan non-polar pada industri

Nafta dan benzena adalah hasil penyulingan minyak bumi yang digunakan sebagai pelarut non-polar pada industri.

Itulah 7 kegunaan penting minyak bumi bagi kehidupan manusia, meski penting kita harus bisa menghemat pemakaian bahan bakar minyak. Hal tersebut dikarenakan minyak bumi terbentuk selama jutaan tahun.

Sehingga butuh sangat lama untuk memproduksinya kembali, tak salah apabila minyak bumi digolongkan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui.