Kode Sekring Lampu Mobil, Bagaimana Cara Mencarinya ?

Sekring merupakan komponen kelistrikan mobil yang sering putus, ketika sekring putus maka kelistrikan yang dilayani sekring tersebut tidak akan berfungsi. Contohnya kalau sekring lampu putus otomatis lampu mobil akan mati.

Sebenarnya, untuk mengatasi hal ini kita perlu mengganti sekring yang putus tersebut dengan yang baru. Tapi masalahnya dimana letak sekring lampu tersebut ?

Di artikel ini akan kami bahas letak sekring lampu pada mobil.

Dimana letak sekring lampu mobil ?


Sebuah mobil umumnya memiliki dua fusebox. Fusebox adalah sebuah kotak yang isinya sekumpulan fuse. Jadi semua fuse kelistrikan mobil dikumpulkan dalam sebuah kotak bernama fusebox. Sehingga kalau anda akan mencari sekring apapun ada di dalam fuse box.


Tapi umumya mobil punya dua fuse box, seperti pada Avanza ada fusebox underhood yang letaknya dibawah kap mesin dan ada fusebox kabin yang letaknya dibawah dashboard.

Lalu dimana kita bisa menemukan sekring lampu ?

Sekring yang berhubungan dengan penerangan ekstrior umumnya terletak di fusebox underhood yang bisa anda temukan dibawah kap mesin. Letak fuse box ini berbeda-beda tiap mobil, tapi umumnya fusebox terletak pada area yang mudah sekali dijangkau.

Setelah itu, buka penutup fuse box maka anda akan melihat denah sekring beserta kodenya dibalik tutup fuse box.


Denah dan kode-kode ini adalah referensi untuk mencari tahu letak dan kapasitas sekring lampu mobil.

Kode yang menunjukan sekring lampu utama, adalah H-Lp. Biasanya ada dua buah sekring yakni H-LP LH dan H-LP RH, keduanya adalah sekring lampu utama (lampu depan) kanan dan kiri.

Lalu untuk lampu belakang, biasanya ada kode STOP, lampu sein/hazzard memiliki kode HAZARD, dan lampu kabut kodenya FOGLAMP.

Kapasitas sekring untuk penerangan ekstrior biasanya hanya 10 A. Itu artinya apabila arus yang mengalir melebihi batas 10 A maka sekring akan putus.

Apa bisa kita mengganti sekring dengan kapasitas lebih tinggi ?

Bisa saja tapi itu beresiko membuat komponen bohlam/soket lampu terbakar. Karena arus maksimal yang mengalir bisa lebih tinggi daripada 10 A. Tapi ada pengecualian, ketika sekring 10 A terus putus anda bisa sementara menggantinya dengan sekring dengan kapasitas lebih tinggi, (sekitar 15 A).

Tapi ini bersifat sementara, anda perlu membawa mobil ke bengkel untuk mengatasi hal ini. Karena kalau sekring 10 A terus putus, berarti ada korsleting di jalur kelistrikan lampu.

Baca juga 7 Kode Warna Sekring Mobil + Artinya

Untuk mengganti sekring juga anda tak perlu repot datang ke bengkel, karena didalam fuse box ada spare fuse. Biasanya fuse ini memiliki kode SPARE. Anda tinggal cabut sekring yang memiliki kode SPARE lalu masukan ke slot sekring yang mati.