WASPADA, Ini Akibat Busi Mobil Kotor + Cara Membersihkannya

Advertisement
Kinerja busi yang menjadi ujung tombak pengapian bisa terganggu apabila elektrodanya kotor. Elektroda yang kotor ternyata bukan hal yang bisa dikendalikan.

Hal itu karena seiring pemakaian mobil, busi pun semakin sering bekerja. Sementara pembakaran mesin akan menghasilkan zat residu yang kita kenal sebagai polusi. Polusi hasil pembakaran ini bukan Cuma gas karbon monoksida tapi juga kerak karbon.


Kerak inilah yang berpotensi menempel pada elektroda busi sehingga menyebabkan busi kotor.

Dan penumpukan kerak karbon ini juga membawa efek negatif terhadap performa mesin kendaraan.

Salah satunya, mesin pincang atau bahkan brebet.

Ini disebabkan karena kerak karbon ini akan menghalangi percikan api busi, sehingga pembakaran akan tidak sempurna dan itu menyebabkan mesin brebet atau bahkan pincang.

Bahkan kalau penumpukan kerak ini sudah cukup parah, busi tidak dapat memercikan api sehingga tidak terjadi pembakaran alias busi menjadi mati. Kalau ini dibiarkan maka busi bisa mengalami kerusakan.

Kondisi busi yang dipenuhi kerak juga bisa menjadi indikator pembakaran mesin, kalau ada banyak kerak karbon itu menandakan adanya ketidak seimbangan antara kadar udara dengan bensin saat terjadi pembakaran.

Yang paling mungkin, itu disebabkan karena kadar bensin berlebihan atau campuran terlalu kaya sehingga ada molekul bensin yang berubah menjadi kerak karbon didalam mesin.

Lalu bagaimana cara membersihkannya ?

Ternyata untuk membersihkan busi ini cukup mudah, anda hanya perlu melepas busi mobil lalu bersihkan menggunakan sikat kawat atau amplas, agar lebih mudah semprotkan dulu cairan carbon cleaner atau cairan lainnya yang mampu merontokan kerak karbon.
Setelah busi bersih jangan lupa perhatikan sistem bahan bakar mobil anda, pastikan anda menggunakan bensin dengan oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

Bahan bakar yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan penumpukan karbon.

Apalagi pada mobil injeksi, pastikan anda melakukan servis rutin untuk mencaga agar sirkulasi pada sistem injeksi tidak terganggu.

Tapi apabila busi sudah dipenuhi kerak berwarna putih, saya sarankan untuk menservis dulu sisem bahan bakarnya terutama untuk mengetahui apakah ada komponen yang mampet atau bahkan jebol.

Setelah itu ganti busi dengan yang baru, busi yang sudah dipenuhi kerak akan turun performanya sehingga lebih baik ganti yang baru.