Begini Cara Buka Rumah Roller Motor Matic Tanpa Alat Khusus

Advertisement
Saat kita akan menservis transmisi motor matic, kadang kita disulitkan dengan kondisi komponen yang sangat tertutup. Salah satu komponen pada transmisi matic yang cepat rusak adalah roller, tapi karena posisinya ada didalam rumah roller maka kita harus membuka rumahnya terlebih dahulu.

Masalahnya, untuk membuka rumah roller perlu alat khusus seperti tracker atau impact karena ini seperti pulley dimana kalau kita putar murnya maka rumah roller akan ikut berputar sehingga untuk membukanya kita perlu menahan rumah rollernya.

Lalu apa bisa kita membuka rumah roller tanpa menggunakan alat khusus seperti tracker atau impact ?

Jawabannya tentu saja bisa, caranya bisa anda simak pada artikel dibawah.

Sebelumnya, tutorial ini menggunakan sepeda motor Honda Vario, tetapi untuk matic Honda lainnya saya rasa punya komponen yang sama.

Alat yang dibutuhkan

Untuk membuka rumah roller, ada beberapa kunci yang diperlukan antara lain ;

  • Kunci T10 atau shock 10 untuk membuka rumah CVT
  • Kunci shock 22 untuk membuka mur rumah roller
  • Pengganjal (bisa dari baut)


Bagaimana Langkah – Langkahnya ?

1. Lepas rumah CVT


Untuk melepas rumah CVT, caranya sangat mudah. Pertama anda lepas bautnya yang berjumlah kurang lebih ada 10 buah.

Namun perlu diingat, SOP untuk melepas baut yang melingkar seperti ini lakukan secara bertahap dan melintang. Artinya, apabila anda melepas baut bagian atas maka berikutnya lepas baut dibawah, kemudian dilanjutkan lagi baut atas dan begitu seterusnya.

Selain itu lakukan secara bertahap, yaitu jangan langsung melepas satu persatu baut. Tapi pertama kendorkan semua baut dulu kalau semua sudah kendor baru anda bisa melepasnya satu persatu.

Ini ditujukan supaya permukaan rumah CVT tetap rata.

2. Pasang pengganjal pada rumah CVT

Ini dia tekniknya, apabila tidak punya traker anda bisa menggunakan pengganjal seperti baut atau sejenisnya. Usahakan baut yang dijadikan pengganjal punya ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil (rekomendasi baut ukuran 14-15).

Dan juga tidak terlalu panjang (sekitar panjang ibu jari).

Pasang pengganjal pada bagian belakang rumah roller. Mengapa dibagian belakang ? ini karena dibagian belakang ada sirip pada rumah roller yang lebih kuat karena dibandingkan sirip bagian depan bahan yang digunakan pada sirip roller bagian belakang itu lebih kuat sehingga cocok dijadikan tumpuan.

Pasang pengganjal seperti gambar.


Tapi untuk motor lain apabila bagian dalam tidak ada siripnya, atau susah mengganjal dibagian belakang anda bisa mencoba disirip luarnya. Tetapi perlu dipastikan kalau bahan pada sirip rumah roller tersebut kuat, karena banyak juga kasus dimana sirip rumah roller patah saat menggunakan cara ini.

3. Buka mur rumah roller

Untuk membuka rumah roller, anda hanya melepas mur pada poros rumah roller. Gunakan kunci shock ukuran 22 dengan gagang panjang untuk membukanya.


Kalau masih keras, anda bisa menggunakan pipa untuk memperpanjang handle kunci shock karena mur ini punya kekencangan tinggi.

Setelah mur berhasil dilepas, anda bisa menarik rumah roller dan bisa memeriksa bagian-bagian dalam rumah roller tersebut.