2 Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan Yang Wajib Diketahui

Oli adalah komponen penting yang harus diperhatikan interval penggantiannya. Karena oli ini sebagai pelumas komponen-komponen yang saling bergesekan, sehingga oli dapat mencegah komponen-komponen tersebut saling mengikis.

Tapi para pemilik mobil biasanya lebih fokus pada oli mesin dan oli transmisi. Lalu bagaimana dengan oli gardan ?

Sebenarnya apa sih bedanya oli gardan dan oli transmisi ?

Oli gardan itu hampir mirip dengan oli transmisi karena fungsinya sama-sama melumasi gear tapi komponen yang dilumasi itu berbeda sehingga sifat fisik dari kedua jenis oli ini juga berbeda.

Mungkin perlu dijelaskan dulu sedikit tentang gardan pada mobil.

Gardan itu komponen yang posisinya ada di tengah as roda belakang. Komponen ini sangat terlihat jelas karena menggelembung pada tengah as roda belakang.

Fungsinya untuk membedakan putaran roda kanan dan kiri saat kendaraan belok.

Tapi bagaimana dengan mobil-mobil penggerak roda depan seperti mobilio dan ertiga ?

Mobil-mobil FWD atau penggerak roda belakang, umumnya tidak memiliki as roda belakang. Tapi bukan berarti tidak ada gardannya. Gardan mobil-mobil FWD terletak pada roda depan, gardan menyatu dengan transmisi.

Untuk pelumasnya, juga diambil dari oli transmisi. Sehingga untuk mobil-mobil penggerak roda depan, anda tak perlu memikirkan oli gardan. Karena pelumas gardan sudah di atasi oleh oli transmisi.

Lalu apa bedanya oli transmis dengan oli gardan ?

1. Oli gardan lebih kental daripada oli transmisi

Yang pertama, kekentalan oli gardan itu lebih tinggi daripada oli transmisi. Ini dikarenakan gardan memiliki komponen dengan celah antar roda gigi yang terbilang tidak terlalu sempit. Namun beban kerjanya cukup berat, karena gardan terhubung langsung ke as roda sebagai komponen akhir yang menggerakan kendaraan.

Oleh sebab itu, kekentalan oli gardan dibuat tinggi. Dengan oli yang kental, maka gardan bisa lebih halus sehingga meski beban kerja gardan berat tetap terasa halus.

2. Kapasitas oli gardan berbeda dengan oli transmisi

Komponen transmisi itu lebih banyak dan lebih kompleks dibandingkan oli gardan. Oleh sebab itu box oli transmisi juga lebih besar daripada gardan.

Sehingga volume olinya juga berbeda. Oli transmisi biasanya lebih banyak, umumnya kapasitas oli transmisi sekitar tiga sampai empat liter.

Sementara oli gardan antara dua hingga tiga liter sudah cukup.

Mungkin itulah sedikit perbedaaan yang paling mencolok antara oli gardan dan oli transmisi. Semoga bermanfaat.