Apa Yang Dimaksud Dengan Baterai Kering ? Ini Penjelasannya

Saat ini banyak kendaraan terutama sepeda motor yang menggunakan aki kering. Sebenarnya yang dimaksud baterai kering itu apa sih ?

Apa bedanya dengan aki basah ?

Pada dasarnya, aki kering dan aki basah itu sama saja isinya. Bedanya, aki basah memiliki tempat untuk mengisi air aki sementara aki kering tidak ada tempatnya.

Aki basah atau yang biasanya ada tutupnya itu punya cairan elektrolit yang ketika bereaksi dengan timbal akan menghasilkan arus listrik.

Lambat laun, volume cairan elektrolit berkurang sehingga perlu ditambah cairan baru melalui tutup itu.

Pada aki kering, juga punya cairan elektrolit sama seperti aki basah. Tapi aki kering tidak memiliki tutup untuk mengisi ulang air aki.

Bagaimana kalau air akinya berkurang ?

Perlu dipahami, cairan elektrolit pada aki basah itu bisa berkurang karena menguap melalui ventilasi yang terdapat pada tutup aki. Artinya, keluarnya cairan elektrolit ini memang disengaja. Tujuannya agar tekanan didalam aki itu tetap stabil.

Tapi pada aki kering, tidak dilengkapi ventilasi seperti aki basah. Jadi air akinya tidak bocor kemanapun.

Untuk mengatasi kenaikan tekanan saat aki digunakan, terdapat sebuah absorber yang terbuat dari glass mate. Komponen ini, mampu menyerap tekanan didalam aki sehingga tekanan didalam aki tidak terlampau tinggi.

Hal itu juga yang membuat cairan elektrolit aki kering tidak bocor meski aki dibolak-balikan.

Oleh sebab itu, aki kering sering juga disebut aki free maintenance. Karena memang tidak diperlukan perawatan, kalau aki basah kita harus cek air akinya apa kurang atau tidak. Tapi pada aki kering, kita tak perlu cek.

Meskipun demikian, aki kering juga punya masa pakai. Ketika cairan elektrolit sudah lemah maka kapasitas simpan aki juga menjadi berkurang. Dan ini waktunya aki untuk diganti. Waktu pemakaian aki kering juga bisa cukup lama, bahkan untuk motor bisa sampai 3 tahun atau lebih.

Jadi kesimpulannya, baterai kering pada kendaraan adalah sebuah komponen penyimpan arus listrik yang memiliki elektrolit tertutup. Sehingga tidak dimungkinkan air aki untuk bocor. Dan karena tidak ada kebocoran pada area luar aki maka banyak orang nyebut aki ini sebagai aki kering karena memang diluar itu kering.