Motor Injeksi Susah Langsam, Cek 4 Penyebab Berikut

 Motor injeksi susah langsam. Pas gas dilepas, mesin malah mati. Kira-kira apa ya penyebabnya ? temukan jawabannya di bawah.

Sekarang hampir semua motor yang diproduksi sudah pake sistem injeksi. Yang katanya, lebih baik daripada karburator. Memang benar, sistem injeksi lebih baik dari pada karburator dalam segi apapun.

Tapi kalau ada masalah seperti yang anda alami, mesin kok tidak bisa langsam ? pas gas di lepas mesin malah mati. Kita pusing gimana cara benerinnya.

Karena motor injeksi itu serba elektronik. Jadi selain butuh pengetahuan yang mendalam, kita juga butuh alat yang mumpuni untuk mengatasi tiap troublenya.

Tapi ada kabar bagus, masalah mesin yang susah langsam itu tidak berkaitan dengan kerusakan komponen. Melainkan cuma ada komponen yang perlu dibersihkan.

Bisa sih, ada komponen seperti sensor yang rusak. Tapi dari banyak kasus yang ditemui di bengkel, penyebabnya paling hanya kotoran pada throtle body atau injektor.

Supaya tidak bingung, saya akan jelaskan satu persatu apa masalahnya.

Penyebab Motor Injeksi Susah Langsam

1. Throtle body kotor

Throtle body itu katup gas, jadi ini adalah pengganti karburator. Fungsinya, buat ngatur seberapa banyak udara yang masuk ke mesin. Didalam TB ada semacam katup, semakin lebar katup ini terbuka maka semakin banyak udara yang masuk. Dan semakin banyak udara yang masuk semakin kencang mesin berputar.

Itu artinya, saat langsam katup ini ada pada pembukaan paling kecil. Lalu apa jadinya kalau ada kotoran yang menyumbat ?

Tentu aliran udaranya berkurang.

Awalnya, itu membuat mesin cuma brebet-brebet nggak jelas. Lama kelamaan, mesin jadi susah langsam karena pas gasnya dilepas, saluran udara terutup oleh kotoran. Jadi udara nggak bisa masuk dan mesin jadi mati.

Solusinya gimana ?

Cuma dibersihkan. Anda juga bisa membersihkannya sendiri tapi TB harus dilepas supaya bisa dibersihlkan maksimal. Untuk hasil yang maksimal, gunakan pembersih karbon untuk mengangkat semua kerak pada throtle body.

2. Saluran ISC kotor

ISC adalah sebuah perangkat untuk mengatur RPM idle mesin. Mungkin anda pernah menyadari, ketika mesin masih dingin (contohnya di pagi hari) putaran langsam mesin lebih tinggi daripada ketika mesin panas.

Nah yang ngubah-ngubah putaran langsam itu adalah ISC. Tapi sama seperti kasus pertama, saluran pada ISC juga berpotensi tersumbat.

Jadi, kalau motor anda susah langsam, coba bersihkan saluran ISC juga.

3. Ada kotoran di saluran bahan bakar

Sistem injeksi itu punya saluran bensin yang bertekanan. Di ujung saluran bensin, terdapat injektor dengan nozle atau lubang output yang kecil. Sehingga bensin bisa dikabutkan (tidak mengucur).

Tapi apa jadinya kalau ada kotoran yang masuk ke saluran bensin ?

Kotoran itu akan menumpuk pada injektor. Akibatnya semprotan bensin dari injektor menjadi berkurang. Efeknya, pada putaran langsam.

Karena putaran langsam itu cuma butuh kadar bensin rendah jadi tekanan pompa bensin juga rendah. Dengan tekanan rendah, bensin tidak mampu keluar kalau ada sumbatan. Tapi pas digas, tekanannya naik bensin bisa keluar lagi.

Itulah yang membuat mesin jadi susah langsam.

Solusinya ya dibersihkan, tapi kan susah kalau harus membongkar injektor dan kawan-kawannya.

Tenang saja, ada cara yang lebih mudah. Anda cukup tuangkan cairan pembersih injektor lalu tuangkan ke dalam tanki bensin. Saat mesin dinyalakan, cairan ini secara otomatis akan menghancurkan deposit-deposit pada sepanjang saluran bensin. Sehingga saluran bensin bersih kembali.

4. Aki Motor Tekor Banget

Emang pengaruh ya aki tekor sama putaran langsam ? pada beberapa motor injeksi iya.

Alasannya, saat aki tekor banget artinya aki sudah nggak bisa nyimpen listrik maka kebutuhan listrik harus ditanggung sepenuhnya oleh spull.

Dan listrik yang dihasilkan oleh spull itu bergantung pada RPM mesin. Jadi gampangnya, saat RPM mesin rendah arus yang dihasilkan besar tapi kalau RPM rendah, arusnya kecil.

Nah masalahnya, ketika gas dilepas atau putaran stasioner, arus yang dihasilkan spull tidak mampu menanggung semua beban kelistrikan. Akibatnya mesin mati.

Untuk mengeceknya, coba anda cek lampu dan klakson. Kalau lampu redup plus klakson sember berarti ada masalah pada aki.

Aki perlu diganti.

Mungkin 4 hal diatas yang sering jadi penyebab mengapa motor injeksi sulit langsam. Semoga bermanfaat.