Apa Itu Bore Up Motor ? Apa Efeknya ? Ini Penjelasannya

Bore up identik dengan aktifitas modifikasi pada sepeda motor. Lantas, apa itu bore up motor ? apa efeknya terhadap motor ?

Secara sederhana bore up adalah sebuah teknik untuk memperbesar diameter silinder pada mesin. Karena diameter silinder diperbesar, maka kapasitas atau cc mesin juga bertambah.

Efeknya, performa motor meningkat secara signifikan.

Bore up dilakukan dengan cara mencari piston dengan ukuran lebih besar dari pada piston aslinya. Kemudian, karena menggunakan piston pengganti dengan diameter lebih besar otomatis tidak akan masuk kalau dipasang di mesin.

Oleh sebab itu, blok silinder harus dibubut untuk memperbesar diameter silindernya agar bisa dimasuki piston.

Karena aktifitas ini cukup rumit, banyak resiko yang bisa terjadi apabila mekanik yang melakukan bore up ini kurang berpengalaman.

Hal ini karena ada proses pembubutan blok silinder.

Pembubutan blok silinder bertujuan untuk memperbesar diameter silinder, tapi itu membuat ketebalan silinder menjadi lebih tipis. Sehingga mesin rawan panas dan rawan jebol.

Oleh sebab itu, menentukan ukuran piston pengganti ini bukan sembarangan. Tapi ada hitung-hitungannya. Jangan sampai diameter piston melebihi limit blok silinder yang masih mampu ditampung agar mesin tidak jebol.

Selain itu, proses pembubutan blok silinder juga harus dilakukan dengan sangat presisi. Apabila ada keolengan diameter silinder saat proses pembubutan, resikonya kompresi bocor sehingga mesin justru tidak nyala.

Hal lain yang tidak boleh tertinggal, ketika melakukan bore up mesin maka bukan cuma mengganti piston dan memperbesar diameter silinder.

Ada beberapa komponen seperti noken as, karburator, yang juga harus disesuaikan. Jadi biaya untuk melakukan bore up ini tergolong mahal.

Meski demikian apabila berhasil, bore up ini bisa meningkatkan kapasitas mesin dari yang awalnya 150 cc menjadi 200 cc, dan sebagainya.

Jadi kesimpulannya, bore up itu dipakai untuk meningkatkan performa mesin secara signifikan. Namun, bore up tidak direkomendasikan untuk motor harian. Pasalnya, motor yang sudah di bore up memerlukan perawatan yang lebih rumit.

Seperti oli yang harus diganti lebih sering, tidak boleh dipakai dalam waktu lama, dan businya juga harus khusus racing.