Hal Sepele Yang Bikin Motor Nembak dan brebet

 anda pernah mengalami kondisi dimana knalpot motor seperti nembak ? suara ini seperti suara ledakan didalam knalpot yang muncul terutama ketika kita melepas gas motor.


bagi orang awam tentu ini akan mengkhawatirkan. karena tidak biasanya motor begitu, tiba-tiba terdengar suara ledakan. apakah motor akan meledak ? ternyata, itu bisa disebabkan karena masalah yang sepele.


jadi ledakan atau suara knalpot nembak itu disebabkan karena ada pembakaran udara plus bensin yang terjadi didalam knalpot.


mengapa itu bisa terjadi ?


pertama bisa disebabkan karena adanya pembakaran tidak sempurna didalam mesin. pembakaran tidak sempurna itu muncul jika perbandingan antara bensin, udara, dan api busi tidak seimbang. seimbang disini tiap motor itu beda-beda.



jadi contohnya jika motor oversuply bensin. kondisi ini membuat campuran bensin didalam mesin itu melebihi normal. apa yang akan terjadi ? pembakaran tetap berjalan namun itu tidak membakar 100 persen bensin yang ada didalam ruang bakar.


akibatnya, ada sebagian bensin yang terbuang bersama gas buang ke knalpot.


lalu knalpot itu akan semakin panas semakin lama motor dihidupkan. jika suhu didalam knalpot sudah melebihi suhu self-ignition bensin, maka bensin akan langsung terbakar. pembakaran spontan itu menghasilkan efek suara ledakan seperti knalpot nembak.


lalu apa yang membuat campuran bensin jadi tidak ideal ? itu bisa disebabkan oleh banyak hal. salah satunya, adanya kebocoran kevakuman didalam intakake manifold. ini bisa membuat perhitungan injektor jadi terganggu. intinya selang-selang yang nempel di intake itu bocor, itu bisa bikin masalah seperti ini.


tapi yang paling sepele, ternyata knalpot nembak bisa disebabkan karena busi yang kotor.


seperti yang saya jelaskan sebelumnya, masalah ini bisa muncul juga kalau api busi kecil. karena jika api busi kecil, maka pembakarannya juga tidak bisa 100%.


salah satu yang bikin api busi kecil, adalah karena ujung elektroda busi ditutupi oleh kerak. jadi solusinya, bersihkan busi dan ganti busi jika memang kondisinya sudah hitam dan sangat berkerak.


itulah hal sepele yang bisa bikin knalpot motor nembak. semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Popular posts from this blog

Bagian – Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Fungsi + Gambar

Fungsi Relay 4 kaki & 5 kaki (Plus Gambar Rangkaiannya)

Lampu Indikator Mesin Vixion Menyala/Berkedip, Apa Penyebabnya ?