Motor Berasap Putih Setelah Ganti Oli ? Ternyata Penyebabnya Sepele

 ganti oli adalah aktifitas rutin yang harus dilakukan oleh pemilik motor untuk menjaga performa motor. namun apa yang harus kita lakukan, ketika setelah ganti oli ternyata muncul masalah baru. kenapa kok knalopot motor malah ngebul keluar asap putih ?


padahal sebelum ganti oli, tidak ada gejala seperti ini.


mari kita bahas.



asap putih yang keluar dari knalpot diidentikan dengan adanya oli yang ikut terbakar didalam ruang bakar. padahal dalam mesin 4 tak, oli tidak boleh sampai masuk ke ruang bakar. karena memang prinsip mesin 4 tak itu clean.


berarti kalau oli bisa masuk dan ikut terbakar didalam ruang bakar, itu ada masalah.


tapi untuk kasus diatas, ketika asap putihnya muncul justru setelah ganti oli, kemungkinan itu bukanlah kerusakan mesin.


penyebabnya bisa saja anda menuangkan oli yang punya spesifikasi encer (SAE rendah)


tapi saya biasa pakai oli ini dan sebelumnya nggak kenapa-napa, kenapa sekarang jadi ngebul ?

mungkin perlu saya jelaskan sedikit mengenai oli dan kekentalannya. jadi, tiap oli itu punya spesifikasi kekentalan masing-masing. ini bisa dilihat pada label SAE yang tertulis pada bungkus oli. biasanya, oli yang beredar sekarang punya SAE 10w-40. ini tergolong oli yang encer. dan ada pula yang lebih kental dengan spesifikasi 20w-40.


kenapa oli harus diproduksi dengan spesifikasi SAE yang berbeda ?


itu disebabkan karena semua mesin punya kondisi yang juga berbeda. dan antara oli encer dan oli kental, itu dikhususkan untuk kondisi mesin yang berbeda.


jika motor anda usianya sudah diatas lima tahun, maka komponen-komponen mesin sudah mengalami minor deformation. minor deformation ini merupakan berubahnya bentuk komponen mesin akibat pengaruh panas dan gesekan secara terus-menerus. tapi ini minor hanya bisa dihitung dengan skala nol koma milimeter.


meski deformasinya sangat kecil, tapi itu sangat mempengaruhi oli dalam kinerjanya.


misal deformasi ini menyebabkan celah antar komponen mesin jadi lebih renggang. maka dulu ketika kita pakai oli encer, tidak akan timbul masalah. tapi sekarang, oli encer yang punya molekul kecil, tidak akan menyesaki celah komponen tersebut. sehingga masih ada gap atau celah.


kadang. karena celah minor ini oli bisa masuk ke ruang bakar. akibatnya, oli ikut terbakar didalam ruang bakar.


jadi salah satu penyebab mengapa motor ngebul putih setelah ganti oli, adalah karena kita menggunakan oli dengan SAE kecil tapi kondisi mesin motor sudah tua atau kilometernya sudah diatas 50 ribu kilometer.


mungkin ini tidak menjadi masalah serius asal anda terus memantau volume oli mesin agar jangan sampai kering.