Motor Saya Brebet Di RPM Rendah, Penyebabnya Cukup Sepele

 halo semua, apakah ada yang masih punya motor karbu ? motor-motor yang diproduksi dibawah tahun 2010 biasanya masih pakai karbu.


salah satu masalah yang sering muncul pada motor karbu, adalah brebet tapi hanya di RPM rendah. lalu apa penyebab motor brebet di RPM rendah ?



menurut pengalaman saya, ada banyak hal yang bikin motor kita jadi brebet khususnya di RPM rendah. bisa saja itu disebabkan ada masalah pada karburator. apalagi kalau motor sudah jarang diservis. pasti karbu ini bisa muncul masalah.


tapi yang namanya karbu, jarang ada kerusakan yang harus memerlukan penggantian komponen. masalah-masalah yang ada pada karbu biasanya hanya berupa sumbatan akibat kotoran, dan kerak yang ada pada saluran-saluran karbu.


sehingga, sebenarnya inti dari solusi semua masalah pada karburator motor itu cuma dilakukan pembersihan. pembersihan total pada karburator, bisa mengatasi masalah motor brebet baik di RPM bawah, ataupun di RPM tinggi.


salah satu bagian yang tidak boleh dibersihkan adalah bagian saluran idle jet. saluran ini sangat kecil. letaknya, ada dibagian depan karburator, dan saluran ini berfungsi untuk menyalurkan udara dari filter langsung ke pilot jet.


karena aliran udara ini, yang menjadi sumber terhisapnya bensin dari dalam karbu.


sehingga secara sederhana, jika suplai udaranya tidak lancar, itu akan menghambat suplai bensinnya juga. oleh sebab itu, bagian-bagian ini wajib dibersihkan.


selain dibagian karbu, motor brebet di RPM rendah juga bisa disebabkan oleh komponen diluar karbu.


apa itu ?


anda tahu cop busi ? ini adalah komponen yang dipasang diatas busi motor. komponen ini memang bentuknya seperti tutup. tapi fungsi sebenarnya bukan cuma itu. cop busi akan menghubungkan arus listrik bertegangan tinggi dari coil, menuju ke busi dengan kuat.


yang banyak jadi masalah, adalah adanya kerusakan pada area pembungkus konduktor didalam cop busi. ini bisa membuat arus yang didapat dari coil bocor merambat ke area luar cop busi. meskipun cop busi ini terbuat dari plastik yang sudah pasti isolator atau tidak bisa menghantarkan listrik, tapi dengan tegangan coil yang mencapai 20 kilo volt itu bisa membuat efek setruman ketika kita menyentuh cop busi saat mesin nyala.


efek pada mesin, jika arus dari coil tidak tersalurkan 100% ke busi, itu akan memperkecil pengapian busi. sehingga, kita bisa menjumpai gejala seperti mesin brebet di RPM rendah


jadi, solusinya pertama kencangkan lagi cop busi agar terkoneksi dengan sempurna dengan kabelnya. caranya, cukup putar sambil menekan masuk cop busi sampai dirasa keras. atau opsi yang lainnya, ganti saja cop businya dengan yang baru.


cop busi ini harganya murah tidak sampai 50 ribu.


sekian artikel tentang penyebab motor brebet di RPM rendah, semoga bermanfaat.