Cara Simpel Mengatasi Motor Keluar Asap Putih TANPA Bongkar Mesin

  knalpot motor anda keluar asap putih ? itu mengindikasikan ada masalah serius pada mesin motor anda. tapi tahukah anda, terkadang asap putih yang kita lihat dari knalpot itu sebenarnya disebabkan masalah yang sepele.


salah satunya, karena kita telat mengganti oli.


oli mesin, itu kan punya kekentalannya sendiri. ada oli yang punya spesifikasi 10w-40 yang artinya oli itu bisa encer dan bisa juga kental tergantung suhu mesin.


tapi ada juga oli yang SAE tunggal. contohnya oli dengan spesifikasi 20SAE. itu artinya, kekentalan oli tidak bisa berubah.



meski demikian, kekentalan oli ternyata bisa berubah sesuai umur oli didalam mesin. jadi semakin sering oli dipakai, molekul-molekul oli ini akan semakin mengecil. itu menyebabkan oli semakin encer ketika semakin lama digunakan.


ini juga bisa dibuktikan ketika anda akan mengganti oli, oli yang ditap dari mesin pasti hitam dan encer daripada oli yang baru.


itu adalah salah satu bukti kalau oli bisa encer ketika lama digunakan.


apa efeknya jika oli mesin jadi encer ?


yang pertama jelas suara mesin akan berisik. karena ada celah antar komponen yang harusnya bisa rapat ketika dilumasi oli kental. tapi karena molekul olinya mengecil itu akan merenggangkan celah-celah komponen mesin.


dan yang paling utama, oli encer ini bisa sangat mudah masuk ke ruang bakar melalui ring piston. jadi meski ring piston atau silinder motor kalian masih normal, oli bisa saja masuk ke ruang bakar.


ketika oli masuk keruang bakar, maka oli akan ikut terbakar. sehingga fenomenanya sepreti mesin 2 tak, akan muncul asap putih dari knalpot.


jadi cara mengatasinya, cukup ganti olinya. maka asap putih dari knalpot bisa disembuhkan.


pastikan anda menggunakan oli dengan kekentalan yang disesuaikan dengan usia motor anda. jadi kalau motor anda usianya sudah lewat 5 tahun, saya sarankan pakai oli dengan SAE 20W keatas. ini akan lebih awet daripada oli yang 10W. karena mesin yang sudah berumur, punya celah komponen yang sudah lebih lebar.


sehingga perlu oli yang kental supaya pelumasannya tetap berjalan optimal.


terkadang, kita membeli oli berdasarkan apa kata orang. padahal, belum tentu itu cocok untuk motor kita. jadi, sebelum memutuskan untuk membeli oli apa, lebih baik konsultasikan dulu kondisi motor anda.


itulah artikel singkat tentang hal sepele yang bisa membuat motor anda keluar asap putih. semoga bermanfaat.