3 Alasan Ban Motor Matic Lebih Kecil Dibandingkan Motor Bebek atau Sport

Rata-rata motor, punya roda dengan diameter velg 17 inci. Tapi khusus motor matic, ukuran velgnya sekitar 14 inci saja.

Kenapa motor matic itu punya roda lebih kecil dibandingkan jenis motor lainnya ? apakah untuk menghemat biaya produksi ? atau ada maksud lain ?

Ternyata ukuran ban motor matic yang kecil ini, punya banyak sekali tujuan dan manfaat. Apa saja ? mari kita bahas satu persatu.

Motor matic sendiri, merupakan pengembangan motor skuter seperti vespa yang sudah diproduksi sejak era perang dunia kedua. Jadi, desain motor matic itu dipengaruhi oleh desain vespa ini. Jadi jangan heran kalau ukuran bannya kecil. Karena vespa juga punya roda yang kecil.

Tapi kan pertanyaannya kenapa rodanya harus kecil ?

Jadi ada banyak faktor.

 1. Tarikan lebih enteng

Yang pertama, faktor efisiensi mesin. Dengan diameter roda yang lebih kecil, maka energi yang diperlukan untuk memutar roda itu juga jadi lebih kecil. Oleh sebab itu, penggunaan ban kecil pada motor matic, bisa meringankan beban kerja mesin.

Dari sini, motor matic bisa dipasangkan dengan mesin-mesin berkapasitas kecil. Sekitar 110 sese, atau bahkan bisa lebih kecil lagi. Dan dengan kapasitas mesin yang kecil, membuat konsumsi bensin jadi lebih irit. Sehingga bisa dibilang, penggunaan ban yang lebih kecil ini bisa memangkas konsumsi bensin motor.

Namun, ini akan mengorbankan kecepatan motor. Itu tidak masalah, karena banyak orang pakai motor matic bukan karena kecepatannya. Yang penting irit, gampang dikendalikan, dan bisa sampai dengan selamat itu sudah cukup.

Sehingga kecepatan memang bukan jadi hal yang dikejar oleh produsen motor saat mendesain motor matic ini. Bisa lari sampai 80 kilometer perjam saja, itu sudah kencang sekali buat motor matic.

 2. Area footstep lebih luas

Faktor berikutnya, ban kecil ini membuat area footstep jadi lebih lebar. Lingkar ban yang lebih kecil, membuat jarak antara kedua permukaan ban jadi lebih panjang. Space yang lebih ini, bisa digunakan untuk footstep yang lebih lebar. Ini tentu lebih nyaman, karena kaki pengendara bisa lebih leluasa. Selain itu, perlindungan terhadap area kaki juga jadi lebih aman. Dan yang lebih penting, footstep lebar ini bisa dipakai untuk membawa barang bawaan.

Hal lain yang jadi alasan motor matic itu paling pas pakai ban kecil, karena ini cocok untuk wanita. Berdasarkan data dari asosiasi DNA negara asean, rata-rata tinggi wanita indonesia adalah 147 sentimeter.

Nah, hal ini menjadi suatu kelebihan tersendiri. Karena motor matic dengan ban kecil, otomatis tinggi jok motor juga bisa lebih pendek. Sehingga, masih nyaman dikendarai untuk orang dengan tinggi badan kurang dari 150 sentimeter.

3. Lebih lincah dalam bermanuver

Lalu dengan ukuran ban yang kecil, manuver sepeda motor jadi lebih lihai dan enteng. Ini akan semakin mempermudah handling motor matic. Dengan lingkar roda yang kecil, radius untuk mbelok jadi lebih kecil. Ini akan mempermudah motor matic untuk melewati gang-gang sempit.

Ini semua membuat motor matic jadi mudah dikendalikan, terutama untuk wanita. Mungkin itu saja artikel kali ini tentang alasan motor matic punya roda yang lebih kecil. Semoga menambah wawasan kita semua.