3 Ciri Evaporator AC Mobil Bocor

apakah evaporator AC mobil yang bocor itu ada tanda tandanya ? nah di artikel ini kita akan membahas secara tuntas ciri apa saja yang mungkin bisa kita alami ketika evaporator AC mobil mengalami kebocoran.

Evaporator adalah bagian sistem AC mobil yang letaknya ada didalam dashboard. Fungsi evaporator ini adalah untuk menurunkan suhu udara yang akan dihembuskan kedalam kabin.

Jadi bentuk evaporator ini terdiri dari beberapa selang pipih yang diselipi plat pendingin. bentuknya sekilas mirip radiator tapi evaporator lebih kecil dan lebih tebal.

Didalam evaporator ini, akan mengalir freon. Freon itu, adalah cairan pendingin pada sistem AC. jadi, dengan adanya freon didalam evaporato, maka udara yang dihembuskan melewati bagian luar evaporator akan turun suhunya.

itulah konsep pendinginan udara pada AC mobil.



Nah kondisi evaporator bocor, itu adalah kondisi dimana freon ini bocor keluar. Perlu diketahui, kalau freon itu gas yang punya berat jenis yang ringan. jadi ketika bocor ke udara, freon ini akan menguap ke udara bebas.

ketika semua freon didalam evaporator keluar, maka tidak ada lagi cairan pendingin untuk mendinginkan AC mobil.

1. AC tidak dingin jadi ciri Evap bocor

jadi ciri pertama ketika Evaporator bocor, adalah AC mobil terasa tidak dingin. ini disebabkan karena tidak adanya freon didalam evaporator sehingga tidak ada yang mendinginkan evaporator. sehingga ketika udara dihembuskan melalui bagian luar evaporator, tidak terjadi penurunan suhu.

2. Sebelumnya tercium bau freon

ketika evaporator bocor, maka freon yang bocor itu akan terbawa oleh hembusan udara menuju ke kabin. jadi bau dari freon yang bocor ini akan terasa sebelum AC jadi tidak dingin.

Bau freon sendiri, mirip bau oli. memang ini sulit dideteksi apalagi jika mobil anda menggunakan pengharum udara. jadi perlu kepekaan.

3. Tercium bau tidak sedap

Selain bau freon, kadang ketika evaporator bocor kita juga mencium aroma tidak sedap yang keluar dari lubang AC mobil. bau ini berasal dari tumpukan jamur yang terbentuk pada evaporator.

jamur tersebut, bisa muncul karena adanya kelembaban udara pada evaporator. ketika evap masih normal, kelembaban ini bisa tidak menimbulkan jamur karena suhu evaporator yang normal itu sangat dingin.

namun ketika evaporator bocor alias suhunya tidak dingin, ini bisa memicu pertumbuhan jamur pada sekitaran evaporator.

Lalu apa solusi untuk evaporator bocor ?

komponen apapun pada sistem AC yang mengalami kebocoran, harus diganti. Ini beda kaya ban yang bisa ditambal, karena tekanan dan gas yang dipakai pada sistem AC itu tidak seperti udara yang kita hirup.

jadi harus benar-benar rapat.

namun untuk memastikan kebocoran, harus dicek menggunakan alat vakum. dan untuk memastikan apakah yg bocor itu evapnya, evaporator harus dilepas lalu dicek didalam genangan air,

jadi emang agak ribet untuk kerusakan evap ini, mengingat lokasi evap ada didalam dashboard.