3 Penyebab Utama AC Mobil Cepat Habis

 mobil tanpa AC, pasti bikin tidak nyaman sekali. Dengan cuaca yang panas, tentu berkendara terasa gerah dan kepanasan. oleh sebab itu, sistem AC pada mobil sudah menjadi hal yang wajib ada.

Nah tapi gimana kalau ACnya tidak dingin ?

terpaksa, kita harus mengemudi dalam posisi kepanasan. Salah satu penyebabnya, karena freon yang ada pada sistem AC itu habis.

Lalu apa yang membuat freon AC mobil ini cepat habis ? simak ulasannya dibawah.

Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis


Freon adalah suatu gas penghantar panas yang unik. dikatakan unik, karena gas ini bisa direkayasa suhunya menjadi lebih dingin dari suhu sekitar.

nah komponen-komponen yang ada pada sistem AC, dibuat untuk keperluan rekayasa itu.

jadi, bisa dikatakan freon adalah nyawa pada sistem AC. karena tanpa adanya freon didalam sistem AC, maka AC tidak dapat mengeluarkan udara dingin.

Nah selain itu, freon juga gas yang sangat mudah menguap bila ada di udara bebas. oleh sebab itu, freon pada sistem AC diletakan pada selang yang terisolasi rapat.

hal hal yang bikin freon ini bocor itu ada 3, yaitu ;

1. Tekanan AC berlebihan

Tekanan ini diperlukan untuk mendorong freon agar bersirkulasi melewati semua komponen rekayasa suhu pada sistem AC. jadi suhu freon bisa dikondisikan dalam posisi dingin secara terus menerus.

nah tekanan ini juga ada batasnya, apa yang terjadi jika tekanan ac ini melebihi batas ?

ini akan berpotensi membuat freon bocor dari sela-sela sambungan tiap komponen. karena biar bagaimanapun, sambungan ini juga punya celah meski terlihat rapat. celah-celah pada tiap sambungan selang AC ini, dibuat untuk menahan freon untuk tidak bocor dalam batas tekanan yang telah ditentukan.

tapi kalau tekanan freonnya melebihi batas, sambungan selang selang ini tidak akan sanggup.

sehingga lama kelamaan freon AC habis.

Komponen yang bertanggung jawab dalam hal tekanan AC ini adalah kompresor. bisa jadi kompresornya rusak, atau karena ada kerusakan pada bagian magnetic clutch.

magnetic clutch ini fungsinya kaya kopling yang menonaktifkan kompresor jika tekanannya mencapai batas. jika rusak, kompresor ini tidak bisa terlepas sehingga kompresor tetap memompa meski tekanannya sudah mencapai batas.

selain itu, tekanan berlebih ini juga bisa disebabkan karena ada sumbatan pada kondensor AC.

2. Sistem AC tidak diservis dalam waktu lama

ketika mobil tidak diservis, terutama sistem ACnya dalam waktu 2 tahunan. bisa jadi freon dalam sistem AC bocor keluar.

hal itu karena biar bagaimanapun pasti ada celah-celah mikro pada tiap komponen AC. sehingga dalam waktu 2 tahun, freon didalam sistem AC bisa habis meski tidak terdeteksi kebocoran.

gampangnya celah-celah ini yang bikin freon bocor alus. jadi kalau ini yang terjadi, anda bisa langsung isi saja freonnya.

3. Ada kebocoran pada selang AC

komponen AC mobil yang rentan sekali mengalami kebocoran adalah bagian selangnya. itu karena selang ini berbahan karet, dan lokasinya, ada di ruang mesin yang panas. sehingga itu bisa melemahkan kualitas bahan dari selang tersebut.

intinya, ketika selang ini bocor maka freon bisa keluar dari area ini dan membuat freon didalam sistem AC langsung habis dalam waktu satu hari saja.

untuk urusan ini, anda perlu mengganti komponen yang bocor sebelum mengisi ulang freonnya.

itulah 3 penyebab utama mengapa AC mobil cepat habis. semoga bisa menambah wawasan kita semua.