4 Jenis Shockbreaker Yang Dipakai Pada Motor

 kalo kita lihat Yamaha R15, kita tahu kalau shock depan yang dipakai itu beda dari motor-motor lain. Shoknya mirip shokbreaker yang dipakai oleh motor trail. Lalu apa kelebihan shock tersebut ? dan sebenarnya shock yang dipakai pada sepeda motor itu ada berapa jenis sih ?

mari kita bahas.

1. Suspensi Teleskopik

Jenis pertama yang paling umum dan paling jadi pilihan untuk segala jenis motor, adalah suspensi depan tipe teleskopik. Tipikal suspensi ini, bisa anda lihat pada shock depan motor pada umumnya yang terdapat pada motor matic atau bebek.

secara umum, shock depan motor itu terdiri dari dua tabung. tabung mengkilap yang lebih kecil terletak diatas dengan desain lebih panjang. Disini terdapat pegas spiral yang berfungsi sebagai suspensi. lalu dibawahnya yang terhubung ke as roda itu ada tabung yang lebih besar.

di tabung ini, terdapat oli shock. yang berfungsi sebagai absorber atau menghindari guncangan yang berlebihan.

2. Suspensi Up Side Down

Inilah yang disinggung di kalimat awal tadi. Tipe suspensi yang dipakai pada Yamaha R15, Honda CBR250RR, dan Kawasaki ZX series ini punya desain yang lebih sporti. karena ini kebalikan dari suspensi teleskopik.

tabung mengkilap yang berisi pegas, diletakan dibagian bawah. sementara tabung yang lebih besar diletakan dibagian atas.

selain tampilan, suspensi USD juga dikenal punya kestabilan di kecepatan tinggi. OIeh sebab itu banyak motor-motor gede pakai jenis suspensi ini.

3. Suspensi belakang tipe Dual Shock

Suspensi dual shock banyak dipakai pada motor bebek, tipikal suspensi ini ada dua buah suspensi yang dipasang kanan kiri.

biasanya suspensi ini dipasang didekan as roda belakang. dengan pemasangan seperti itu, shockbreaker cenderung lebih keras namun durabilitasnya sangat tinggi.

4. Suspensi belakang tipe monoshock'

Kalau ini, hanya ada satu shockbreaker namun ukurannya lebih besar dan biasanya lebih pendek. Shock ini dipasang dekat dengan bagian as swing arm sepeda motor. dengan konfigurasi pemasangan seperti ini, suspensi terasa lebih empuk dan lebih nyaman untuk dikendarai.

Namun mekanismenya cenderung lebih rumit karena shock harus dipasang melalui beberapa link. jadi dari segi harga meskipun cuma satu shock, ternyata lebih mahal.

itulah penjelasan singkat tentang jenis suspensi pada sepeda motor. Semoga menambah wawasan kita semua.