4 Penyebab Freon AC Mobil Bocor

 apa sih yang bikin freon pada AC mobil itu bocor ? simak artikel ini karena kita akan membahasnya dengan detail.

Freon adalah gas yang dipakai untuk mendinginkan udara didalam kabin mobil. Tapi berbeda dengan udara yang kita hirup ini, freon adalah gas yang punya molekul yang kecil dan berat jenisnya juga sangat ringan.

sehingga ketika terjadi kebocoran, freon ini akan menguap ke udara bebas.

jadi kejadiannya, tidak ada bekas tau tau AC mobil tidak dingin.

sebenarnya kebocoran freon ini, bisa dideteksi karena pada area yang mengalami kebocoran itu, biasanya ada bekas rembesan oli. rembesan ini bukan bekas freon yang bocor yah, karena freon itu pasti menguap habis.

ini adalah rembesan oli kompresor yang ikut keluar melalui lubang kebocoran. jadi ketika anda menjumpai rembesan oli pada selang AC, dan bersama itu AC juga jadi tidak dingin, bisa dipastikan ada kebocoran freon.

lalu apa penyebabnya ?



1. Kualitas material yang buruk

kualitas bahan komponen komponen AC mobil sangat mempengaruhi durabilitas komponen tersebut. jadi komponen AC mobil kan ada selang yang terbuat dari karet, ada juga kondensor yang terbuat dari besi dan evaporator yang juga terbuat dari besi.

nah ketika kualitas materialnya buruk, maka mungkin sekali dalam penggunaan waktu yang singkat muncul lubang kecil. entah itu pada material karetnya atau besinya. intinya, lubang sekecil apapun bisa membuat freon bocor.

2. Isi freon terlalu banyak

bukannya lebih banyak itu artinya jadi lebih dingin ? ternyata tidak begitu. karena sistem AC itu menggunakan freon bertekanan. semakin banyak freon yang disisi, tekanan yang dihasilkan juga semakin meningkat.

ketika tekanan freon melebihi ambang batas, maka mungkin sekali terjadi kebocoran entah pada komponennya atau pada seal-sealnya.

jadi untuk mengisi freon, pastikan ikuti standar pabrikan.

3. Saringan freon bocor

saringan ini biasanya terletak pada kondensor. ada bagian kondensor yang berbentuk tabung, didalamnya terdapat filter yang terbuat dari bahan pasir silika yang diletakan dalam suatu jaring rapat.

ketika jaring ini sobek, maka pasir pemfirlter tersebut akan bocor dan mengalir terbawa oleh aliran freon.

ketika pasir ini masuk ke kompresor, itu akan merusak kompresor. sehingga mungkin sekali kompresor tersumbat bahkan bocor. ketika pasir ini menyumbat sistem AC, maka seperti pont 2, overpressure atau tekanan berlebih akan muncul. sehingga freon berpotensi bocor.

4. Karena waktu yang sangat lama

penggantian freon AC itu juga ada intervalnya. hal itu karena kadang, kita tidak memungkiri bahwa komponen AC 100 persen rapat mau sebagus apapun materialnya. mungkin tetap ada bocor-bocor halus yang bisa ditoloransi.

tapi dalam jangka waktu hingga tahunan, ini tetap akan menguras freon juga. jadi freon didalam sistem AC mobil bisa habis ketika AC sudah digunakan tanpa diservis atau dicek freonnya selama lebih dari 2 tahun.