Berapa Lama Freon AC Mobil Habis ?

 Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas apakah freon itu bisa habis meski AC tidak bocor ? jawabannya tentu bisa. Tapi berapa lama freon itu habis tanpa ada bocor ?

di artikel ini, kita akan mengupasnya.

jadi perlu saya singgung kembali bahwa freon adalah gas yang dipakai untuk mendinginkan udara didalam kabin. oleh sebab itu, bisa dibilang freon ini adalah nyawanya sistem AC.

perawatan pada bagian freon ini, harus selalu diperhatikan. salah satunya, mengukur berapa volume freon yang ada didalam sistem.

ini penting, karena ketika volume AC kurang dari standarnya maka AC cenderung kurang dingin. nah, kalau itu dibiarkan lama kelamaan, AC jadi tidak dingin sama sekali. sehingga kita didalam kabin jadi berasa sumuk.

apalagi freon itu merupakan gas bermolekul kecil, yang mudah sekali menguap. sehingga meskipun kalau di cek pakai alat, tidak terdeteksi adanya kebocoran freon pada sistem AC. bukan berarti freon aman dan tidak akan bocor.

justru karena faktor penggunaan, freon ini bisa bocor sedikit demi sedikit melalui celah yang ada pada sambungan tiap komponen AC. sehingga dalam kurun waktu 2 tahunan freon tau tau sudah habis.

sekarang kita masuk ke pertanyaan utamanya

Berapa Lama Freon Pada AC Mobil Bisa Habis ?

itu tergantung, tergantung dari pemakaiannya.

maksudnya seperti ini, jadi dalam menyalakan AC kadang tiap orang berbeda-beda. ada orang yang cukup udara adem, yang penting tidak kepanasan nggak perlu dingin. ada juga kalau pakai AC harus pakai yang paling dingin.

suhu yang kita atur pada panel AC, itu mempengaruhi kinerja sistem ACnya.

jadi misal kita pakai AC dengan suhu paling dingin, maka kompresor AC akan berkerja pada titik maksimal. ini membuat tekanan freon, lebih sering berada di puncak daripada di titik rendahnya. nah freon yang bertekanan ini, tentu lebih mudah bocor lewat celah-celah kecil pada sambungan komponen yang tadi kita singgung.

jika dibandingkan dengan AC yang diset di suhu sedang, maka kompresor akan bekejera tidak seintens sebelumnya. sehingga tekanan frein bisa di maintain tidak pada puncak tertingginya.

ini akan mengurangi dorongan freon yang bocor lewat celah-celah tadi.

jadi intinya, freon itu bisa habis dalam kurun waktu 1 hingga 3 tahun tergantung seberapa sering kita pakai mobil, dan seberapa dingin kita set suhu ACnya.

Mungkin itu saja artikel untuk menjawab pertanyaan berapa lama AC mobil habis, semoga menambah wawasan kita semua.