Perbedaan Oli Motor Manual dan Motor Matic

Ketika kita mau beli oli motor, pasti ditanyain yang matic atau yang biasa. Terkadang ini bikin kita penasaran. Kenapa oli motor matic itu berbeda ? padahal sama sama motor, mesinnya juga sama sama minum bensin, beda motor matic Cuma ada di transmisinya. Tapi kenapa malah oli mesinnya yang beda ?

Di video ini kita akan membahas apa sih yang bikin oli motor matic itu berbeda.



Sekilas, oli biasa samas oli matic itu terlihat sama. Bentuk olinya, warna olinya pun sama. Yang membedakan hanya botolnya, yang ada gambar motor maticnya itu berarti oli buat motor matic.

Memang benar, oli itu baik oli buat mobil, oli motor sport, bebek dan motor matic itu punya fungsi yang sama yaitu sebagai pelumas bagian dalam mesin. Kendaraan kendaraan yang saya sebutkan tadi, itu mesinnya sama. Sama sama pake mesin bensin 4 tak. Jadi secara garis besar kebutuhan akan olinya juga sama.

tapi ada satu hal yang membedakan antara motor matic dan motor sport atau bebek. Motor matic, itu kan pakai transmisi CVT. Nah posisi transmisi ini, ada diluar mesin. Jadi ini adalah mesinnya, lalu disamping mesin itu ada satu set CVT. Jadi CVT ini bersifat kering alias tidak boleh dilumasi, karena kalau terkena oli, justru CVTnya akan slip dan itu membuat motor matic jadi susah buat jalan. Oleh sebab itu transmisi pada motor matic dibuat terpisah dengan blok mesinnya.

Ini berbeda dengan motor bebek dan sport, yang pakai transmisi manual. Transmisi ini terletak didalam blok mesin. Jadi, oli pada motor bebek atau sport, selain berfungsi untuk melumasi mesin, juga berfungsi untuk melumasi gear transmisinya.

Inilah satu perbedaan yang paling mendasar mengapa oli motor matic itu berbeda. Oli matic, itu Cuma melumasi bagian mesin saja. Sementara oli motor manual, melumasi mesin serta transmisi secara bersamaan.

Dari perbedaan fungsi ini, membuat kebutuhan pelumasan antara motor matic dan motor manual itu berbeda. Oleh sebab itu, meski dari luar terlihat sama, tapi zat yang terkandung pada oli itu berbeda.

Lalu apa yang terjadi jika olinya ditukar ?

Yang namanya oli yah, fungsinya tidak jauh beda apapun jenis olinya. Oli matic kalau dipakai pada motor sport atau sebaliknya itu bisa melumasi mesin dengan baik. Tapi untuk jangka panjang, ini pasti akan menimbulkan efek buruk.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, zat pada kedua jenis oli ini berbeda. Perbedaan ini membuat pelumasan olinya juga berbeda. Efek buruk yang akan muncul antara lain, bocor oli dari seal seal sambungan komponen, sampai motor ngebul karena silinder yang baret.

Jadi, ketika anda beli oli baru, pastikan lihat botolnya apakah itu buat motor bebek atau matic. Kode yang membedakan antara motor matic dan biasa itu, ada kode jasonya. Ada jaso MA dan Jaso MB.