Pilih Pertamax apa Shell Super ? Cek Perbandingannya

Advertisement
BBM ( bahan bakar minyak) sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor wajib hukumnya untuk mengkonsumsi bbm. Tidak hanya bahi kendaraan bermotor, bbm juga digunakan untuk keperluan PLTD, Pompa air mesin, juga mesin pemotong rumput.

Dari sekian banyak bbm yang terjual di berbagai spbu lokal atau asing, kita tentu harus selektif dalam memilih bahan bakar yang sesuai dengan mesin mobil atau motor kita. Perlu diketahu pengisian bahan bakar yang tidak sesuai akan menimbulkan efek berkepanjangan terhadap mesin mobil atau motor kita. Contoh SPBU yang populer di Indonesia yakni Pertamina dan Shell. Lantas apa bedanya BBM pertamina dengan Shell ? simak artikel dibawah untuk mengetahui pilihan terbaik.


Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Nilai oktan diukur berdasarkan RON ( research octane number ). Bensin tersusun dari isooktana dan n-heptana. Sifat isooktana yang tahan terhadap tekanan, dijadikan variable RON. Semakin tinggi kandungan isooktana dalam bensin, menyebabkan bensin tersebut dapat bertahan tanpa terbakar spontan pada tekanan tinggi.


Apabila mesin dengan rasio kompresi tinggi menggunakan bensin yang memiliki RON rendah akan menyebabkan proses pembakaran sebelum pengapian. Hal ini akan berdampak pada komponen mesin itu sendiri.


Pilih Pertamax Apa Shell Super


Dari berbagai merek bbm yang beredar di Indonesia salah satunya adalah pertamax. BBM ini merupakan line-up dari produk PT. Pertamina. Selain itu terdapat BBM asing yang terkenal dengan kualitasnya yaitu shell. Lantas apa kelebihan dan kekurangan keduanya? Kita simak beberapa ulasan berikut;



Pertamax

Pertamax merupakan produk bbm non subsidi dari Indonesia yaitu PT. Pertamina. Pertamax diluncurkan untuk menggantikan Premix dan SuperTT karena unsur MTBE yang berbahaya terhadap lingkungan. Pertamax sendiri memiliki tiga kelas yaitu pertamax 92, pertamax plus(95) dan pertamax turbo(98).



Dengan nilai oktan yang tinggi, pertamax sangat cocok digunakan pada mesin dengan teknologi fuel injection dan turbocharger. Karena pertamax merupakan produk dalam negri, harga relatif lebih murah bila dibandingkan merk bahan bakar lain. Pertamax juga memiliki zat pembersih, yang akan membersihkan kerak pada ruang bakar.


Shell

Bahan bakar yang satu ini merupakan produk asal Belanda. Shell dikenal sebagai bahan bakar dengan performa tinggi dan tentu mahal. Shell membekali diri dengan FMT ( friction modification technology ) yang dapat melumasi bagian mesin sehingga piston dapat bergerak lebih bebas yang menyebabkan performa mesin meningkat. Sama seperti pertamax, shell memiliki dua jenis bahan bakar bensin yaitu shell super dengan RON 92 yang dijual dengan harga Rp.8.150 dan shell V-power dengan RON 95 yang dijual Rp.9.100. Dengan RON yang sejajar dengan pertamax, shell memiliki harga yang lebih tinggi namun hal itu akan sebanding dengan kualitas dan performa yang dihasilkan. Bahan bakar ini cocok untuk mesin berkompresi tinggi.

Indonesia mempunyai minyakmentah dengan kualitas terbaik di dunia. Dengan teknologi yang semakin maju semoga saja bahan bakar Indonesia dapat meduduki line-up bahan bakar terbaik di dunia.


Demikian artikel singkat kita mengenai pilih pertamax apa shell super. Semoga bisa menjadi referensi bagi ana dan bermanfaat bagi kita semua.