Kelebihan dan Kekurangan All New Mazda CX-5 2017

Advertisement
Persaingan mobil di segmen SUV memang sedang berlangsung sengit. Banyak pabrikan yang menjadikan SUV sebagai produk andalannya untuk menggaet konsumen Indonesia. Sebut saja Mazda, merk asal jepang tersebut sudah hadir di Indonesia sejak lama dengan salah satu crossover andalannya Mazda CX-5. Desain kodo khas mazda sangat melekat pada semua tipe mobil mazda tak terkecuali Mazda CX-5. Simak kelebihan dan kekurangan Mazda CX-5 dibawah

Baca Juga ; Review Lengkap All new Captiva 2016


Dengan berbagai fitur yang tersemat pada mobil ini, bukan tidak mungkin Mazda CX-5 menjadi primadona baru di segmen Crossover di Indonesia. Dari segi desain dan fitur Mazda CX-5 memang sangat unggul. Sementara itu teknologi SkyActive sudah terbenam di mesin mobil ini. Untuk masalah harga, Mazda CX-5 bisa dibilang cukup mahal untuk kelas medium SUV. Tapi harga tersebut memang sebanding dengan berbagai fitur serta teknologi yang ditawarkan. Apa saja fitur serta kelebihan dan kekurangan Mazda CX-5, kita bahas dibawah.


Tampilan Eksterior




Selain memiliki teknologi canggih dan kaya akan fitur, desain eksterior mazda juga sangat sporty. Mazda memang menggunakan konsep kodo sebagai model eksterior Mazda CX-5. Dari eksterior terjadi beberapa perubahan dari model sebelumnya. Antara lain bagian grill. Mazda mengubah desain grill new Mazda CX-5 dengan grill yang diberi nama Signature wing design dan peletakan emblem mazda di tengah grill membuat tampilan Mazda CX-5 makin sporty. Ditambah headlamp yang terintegrasi dengan LED DRL, membuat pencahayaan mobil ini pun makin sempurna.


Dibagian samping, terdapat side mirror yang dilengkapi turning signal. Lampu ini akan menyala saat lampu sinyal belok nyala. Tentu hal ini menjadi keuntungan karena dapat memberi tanda peringatan kepada pengguna jalan lain yang berada di depan dan samping.


Beralih ke bagian atap, Mazda CX-5 memiliki keunikan tersendiri berkat adanya shark fin antenna. Antena model sirip hiu ini menambah kesan stylish pada Mazda CX-5, juga antena ini memiliki kemampuan penangkapan sinyal yang baik. Selain itu, anda dapat menikmati udara segar serta pemandangan alam melalui sun roof yang disematkan pada atap Mazda CX-5 ini.


Bagian belakang juga tak kalah stylish. Desain double exhaust yang sporty dapat membuat pembuangan gas sisa pembakaran berlangsung lebih cepat. Imbasnya tenaga akan lebih maksimal.


Tampilan Interior




Dari segi interior bisa dibilang Mazda CX-5 memiliki desain yang modern. Sebagai medium SUV yang memiliki bangku dua baris, membuat ruang kaki pada Mazda CX-5 dan bagasi begitu luas. Mazda CX-5 dapat menampung 5 orang dan bagasi belakang yang begitu luas sehingga sangat cocok untuk touring karena dapat menampung banyak barang saat bepergian.


Dari audio infotaiment, Mazda CX-5 dibekali LCD layar sentuh 7" yang dilengkapi sistem audio premium dari BOSE yang dapat menghasilkan suara jernih dari 9 buah speaker yang terletak disetiap sisi Mazda CX-5.


Fitur lain yang memanjakan pengguna adalah adanya tombol push start button. Tombol ini berfungsi sebagai tombol start dan off mesin. Sehingga anda tidak perlu memutar kunci kontak untuk mengalakan mesin. EPB button juga tersedia di center console mobil ini. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan rem parkir melalui sentuhan tombol.


Fitur lain yang menunjang kenyamanan pengguna antara lain krakuri seating system, cloth seat trim, heigt adjustment di tiap jok, USB port dan cup holder.


Sistem Keamanan Mazda CX-5


Berbagai sistem keamanan banyak melekat pada New Mazda CX-5 salah satunya adalah fitur Adaltive lighting System. Sistem ini akan beradaptasi dengan kondisi pencahayaan sekitar. Sehingga headlamp akan memberikan intensitas cahaya yang tepat.


Fitur keselamatan lain yang tersemat pada Mazda CX-5 adalah smarth city brake support (scbs) yang akan memberikan pengereman saat jarak mobil terlalu dekat dengan objek tertentu. Fitur tire pressure monitoring yang akan mendeteksi ban yanh kempes juga telah terbenam pada new Mazda CX-5. Fitur seperti ABS, EBD, DSC, TCS, HLA juga sudah pasti hadir dalam mobil ini.


Penggunaan ISO fix juga nampaknya telah hadir pada Mazda CX-5. Fitur ini merupakan cara untuk memberi perlindungan kepada anak balita melalui kursi khusus.


Spesifikasi Mesin dan performa




Mazda CX-5 hadir dalam dua varian mesin yaitu Skyactive-g 2.0 dan Skyactive-g 2.5. Dua-duanya mengusung teknologi SkyActive. Mesin 2.0 L digunakan pada Mazda CX-5 tipe urban dan sport sedangkan tipe touring menggunakan varian mesin 2.5 L. Mesin berkapasitas 2000 cc dapat mengeluarkan daya sebesar 114 KW serta Torsi 200 Nm. Sedangkan untuk mesin berkapasitas 2500 cc dapat mengeluarkan daya sebesar 138 KW dan torsi mencapai 250 Nm.


Baca Juga : Apa itu Skyactive Bagaimana cara kerjanya ?


Kedua mesin tersebut telah menggunakan teknologi GDI ( gasoline direct injection). Yang memiliki efisiensi serta output lebih baik. Dan ETC (electronik throtle control) yang menggantikan kawat gas menggunakan kontrol elektronik.


Mazda CX-5 juga mengusung fitur idling Stop. Fitur ini akan mematikan mesin secara otomatis saat berada pada lampu merah atau kemacetan dan menghidupkan kembali saat pengguna menekan pedal gas.


Mazda CX-5 menggunakan transmisi otomatis sky-drive 6 speed dengan active adaptive shift. Yang dikawinkan dengan sistem penggerak FWD membuat distribusi tenaga dari mesin makin optimal dan efisien


Harga New Mazda CX-5


Terakhir kita sampai ke pembahasan yang tidak kalah penting. Apapun barangnya, harga pasti akan sebanding dengan kualutas dan fitur. Anda telah melihat sekilas fitur yang terbenam pada Mazda CX-5. Masih banyak fitur lain pada Mazda Cx-5 yang belum dibahas pada ulasan diatas. Untuk harga sendiri, dilansir mazda.co.id Mazda CX-5 dibanderol mulai Rp 425.100.00,- Tentu tiap tipe memiliki kisaran harga yang berbeda.




Ada tiga tipe Mazda CX-5 yang dijual. Tipe paling rendah adalah tipe sport. Sedangkan tipe paling tinggi yang memiliki semua fitur diatas adalah tipe touring. Sesuai namanya tipe ini ditujukan bagi anda penyuka touring.


Kesimpulan


Bisa dibilang, Mazda CX-5 mengusung prinsip Drive by wire. Terlihat dari pengendalian gas dengan ETC dan pengereman SCBS. Sehingga layak bila Mazda CX-5 menyandang SUV paling canggih didunia.


Desain tajam kodo yang sangat khas dari Mazda sangat disukai oleh banyak orang. Desain ini membuat mobil ini makin terlihat garang dan stylish.


Berbagai fitur yang tersemat pada mobil ini akan memanjakan anda. Namun anda jangan sampai terlena. Fitur canggih juga menuntut perawatan ekstra dari pengguna. Perawatan pun tidak bisa main-main. Oleh sebab itu anda dituntut rajin ke bengkel resmi Mazda untuk mengecek semua fitur serta kesehatan mobil anda.


Demikian review mengenai kelebihan dan kekurangan New Mazda CX-5, pastikan menimbang matang-matang sebelum anda memutuskan membeli mobil baru. semoga bermanfaat.