Speedometer Motor Mati, Cek 4 Penyebab Berikut Solusinya

Advertisement
Spedometer dijadikan patokan bagi kita untuk mengetahui kecepatan kendaraan. Tapi tak jarang ditemui speedometer motor yang tidak berfungsi (biasanya analog) atau eror karena tidak akurat.

Kira-kira apa penyebabnya ? dan bagaimana solusinya ? mari kita temukan jawabannya.
penyebab speedometer motor matic mati
img by lucianapombo.blogspot.com
Langkah awal, anda harus memahami bagaimana konsep speedo bekerja. Karena jika langsung diberikan penyebab kerusakan speedo tanpa mengetahui bagaimana prinsip kerjanya anda bisa bingung sendiri.

Pembahasan terkait konsep speedo sudah kita bahas pada artikel sebelumnya yang memuat cara kerja speedometer analog & digital. Secara singkat, speedometer bekerja dengan mengubah energi putar ke energi listrik. Energi listrik inilah yang nantinya mempengaruhi jauh dekatnya pergerakan jarum speedo.

Dibagian axle roda depan motor, ada komponen yang disebut gearbox. Komponen ini berbentuk roda gigi yang berputar jika roda berputar. Kemudian anda juga akan melihat kabel kaku dari axle roda depan menuju bagian head motor. Kabel ini bukan menghantarkan arus listrik, melainkan memghantarkan putaran. Dengan kata lain, jika gearbox berputar maka didalam kabel ini terdapat kawat fleksibel yang juga berputar. Itulah sebabnya kabel speedo ini lebih kaku.

Dibagian head motor putaran ini baru akan diubah ke bentuk pergerakan jarum menggunakan metode GGL (gaya gerak listrik).

Dari penjelasan singkat diatas, bisa kita simpulkan jarum speedometer tidak bergerak bisa disebabkan oleh hal-hal seperti ;

1. Gearbox yang aus

Gearbox yang dipakai berbentuk roda gigi yang saling berkaitan. Ukurannya juga kecil, ditambah bahannya yang kadang terbuat dari bahan polymer. Bahan ini memang lebih simpel dan ringan, tapi daya pakainya tentu lebih singkat. Kita tahu, gesekan dua buah material akan menghasilkan friksi. Friksi ini keluar dari dua material itu yang terlepas.

Akibatnya roda gigi semakin gundul dan pada titik tertentu roda gigi psda axle roda tidak mampu lagi berkaitan dengan rods gigi speedo. Ini menyebabkan putaran input speedometer tidak terjadi meski kendaraan melaju cukup pesat.

2. Kabel speedo yang terputus

Seperti yang kita bahas diatas, kabel ini terbuat dari poros berdiameter kecil yang fleksibel. Sifatnya yang flelsibel membuat poros ini mampu menghubungkan putaran di bagian roda dengan bagian head motor.

Tapi, coba anda lihat diameternya. Mungkin hanya beberapa milimeter, tentunya dengan kawat setipis ini yang bergerak berputar lebih berpotensi putus. Kawat bisa putus bisa dikarenakan karena ada lekukan kabel yang terlalu ekstrem atau karena kawat yang getas.

Jika ini terjadi maka putaran dari bawah tidak akan tersalurkan ke bagian input speedometer.

3. Magnet didalam speedometer yang tidak berputar

Didalam komponen speedo yang terletak di head motor, putaran dari kawat disalurkan kesebuah magnet agar berputar untuk menimbulkan GGL (Gaya gerak listrik) sehingga jarum bisa bergerak. Jika sambungan antara kawat poros dengan magnet ini putus, hasilnya jelas jarum speedometer tidak akan bergerak.

4. Main Fuse putus
Penyebab speedometer mati yang terakhir terleletak pada pengaman arus elektrikal motor atau fuse. Ini berlaku khususnya bagi speedometer digital, karena sistem ini memerlukan arus listrik dari baterai karena kinerja microprocessor yang menterjemahkan frekuensi putar dari roda gigi ke bentuk bilangan.

Arus tersebut diambil dari sumber listrik motor yang tidak lain tidak bukan adalah baterai. Tapi, sebelum disalurkan ke seluruh sistem kelistrikan, arus ini akan dilewatkan terlebih dahulu pada sekering. Mungkin ada dua hingga tiga sekering utama yang letaknya didekat terminal positif baterai. Jika salah satu sekering ini putus maka panel pada dashboard akan erro termasuk speedometer.

Bagaimana Cara Memperbaiki Speedometer Yang Mati?

memperbaiki speedometer mati

Untuk memperbaiki masalah speedometer yang mati ini, kita perlu mengganti bagian mana yang mengalami kerusakan. Sehingga langkah pertama deteksi mana area yang mengalami kerusakan.

Mulailah untuk mengecek bagian trersimpel, seperti melakukan pemeriksaan main fuse. Ini dilakukan jika motor anda sudah mengusung sistem digital. Untuk memeriksa sekering ini anda hanya perlu membuka cover samping pada area baterai motor, coba lihat semua sekering tersebut dan lihat sambungan kawatnya apa terputus atau tidak.

Jika sekering oke, lanjut ke bagian axle roda. Pemeriksaan selanjutnya kita akan mengecek kondisi roda gigi pada gearbox. Buka penutup roda gigi yang terletak disebelah kiri roda depan. Setiap motor memiliki jenis pengunci yang berbeda, untuk itu sebelum melakukan pelepasan analisa bagaimana mekanisme cover ini bisa terlepas.

Jika sudah terlepas, anda bisa langsung cek dua kondisi. Kondisi pertama, sambungan antara kawat dengan roda gigi, dan kedua kondisi mata gigi dari roda gighi tersebut. Jika salah satu kondisi diatas ditemui, maka anda perlu mengganti seunit kawat beserta roda giginya.

Tapi, jika kedua kondisi diatas tidak ditemui maka masalah ada pada komponen speedometer didalam panel dashboard motor. Untuk memperbaikinya kita perlu mengganti komponen ini.

Demikian artikel lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi speedometer motor mati, semoga bermanfaat bagi kita dan bisa menambah wawasan.