Biaya Ganti Oli Motor Di Bengkel Ternyata Hanya 100 Ribuan

Advertisement
Biaya ganti oli motor - Sebagai kendaraan bermotor, wajib hukumnya untuk diservis secara rutin. Salah satu bentuk perawatan berkala motor adalah dengan mengganti olinya secara rutin.

Penggantian oli mesin pada motor bertujuan untuk memperpanjang sekaligus menjaga performa mesin agar tetap prima. Mengapa ?

Karena, oli merupakan zat cair yang bersifat melumasi dan membilas. Namanya zat pelumas pasti bersifat licin, sehingga ketika oli bersirkulasi didalam mesin maka semua komponen mesin yang saling bergesekan akan lebih enteng.

Oli bekerja dengan bersirkulasi atau mengalir dari bak oli, ke oil pump dan masuk ke oil jet yang mengarah pada semua bagian mesin. Tapi, kualitas oli ini juga ada batasnya.

Sebelumnya kita telah membahas tuntas mengenai hal ini, anda bisa membacanya pada link berikut : Ciri ciri oli mesin motor harus ganti.

Secara singkatnya, karena pengaruh panas dan emisi pembakaran yang menurunkan kualitas oli mesin. Jika kualitasnya turun, maka daya lumasnya juga turun dan berakibat pada komponen mesin yang cepat aus. Jika dipaksa terus digunakan, jangan heran akan muncul asap putih dari knalpot motor anda.

Itulah alasannya mengapa kita harus memgganti oli mesin motor secara rutin.

Untuk menggantinya, juga cukup mudah. Kita tinggal buka baut penguras oli, tunggu hingga olinya habis dan isi dengan yang baru. Tapi, bagi orang awam pekerjaan ini tentu merepotkan atau kurang sesuai. Sehingga jalan yang dipilih adalah mengganti oli ke bengkel.

Pertanyaanya, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk ganti oli mesin ?


img by rmjmarket.com

Untuk biaya ini, ada dua hal yang perlu diperhatikan yakni harga oli yang kita pilih dan harga jasa ganti oli. Untuk harga oli mesin, tentu bervariasi semakin tinggi kualitasnya maka semakin tinggi pula harganya. Sementara untuk jasa ganti oli juga bervariasi, untuk bengkel umum mungkin biayanya sekitar 30 hingga 40 ribuan. Tapi pada bengkel resmi bisa lebih mahal karena ada pekerjaan service lain.

Kita ambil harga olinya sekitar 60 ribu (oli full synthetic), maka biayanya sekitar ;

  • Harga oli Rp. 60.000,- (1 liter)
  • Jasa service Rp. 40.000,-


Sehingga total yang harga yang anda keluarkan untuk mengganti oli mesin motor sekitar Rp. 100.000,-

Biaya diatas memang bukan fixed cost, karena harga sesungguhnya dipengaruhi dua faktor yang disebutkan diatas. Tapi, setidaknya anda bisa menggunakannya sebagai patokan.

Tapi, kalau anda melakukan penggantian oli dibengkel resmi mungkin biayanya bisa berbeda. Karena saat motor anda masuk ke bengkel, maka akan dilakukan prosedur service ringan atau berat (diluar ganti oli) sehingga biaya yang diperlukan leboh mahal. Kecuali, motor anda masih memiliki kuota free service, maka anda cukup menyediakan biaya pembelian oli saja. Untuk jasanya gratis.


Kapan Waktu Ganti oli motor ?


Untuk interval penggantian oli, setiap motor memiliki jadwal yang berbeda. Ini dipengaruhi oleh jenis motor dan kualitas oli tentunya. Untuk motor matic, anda bisa melakukan penggantian oli mesin pada interval 3.000 - 5.000 KM.

Sementara untuk motor bebek karena olinya juga melumasi gear box maka lebih cepat intervalnya, sekitar 2.500 - 3.000 KM. Namun jika anda menggunakan tipe oli full synthetic maka daya tahannya bisa lebih lama yakni sekitar 5.000 KM.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai harga ganti oli motor injeksi dan matic. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.
Buka Komentar