9 Langkah Mengganti Kampas Rem Depan Mobil Tanpa Ke Bengkel

Advertisement
Kampas rem cakram termasuk kedalam komponen yang memiliki umur singkat. Umurnya itu sekitar 2 tahun tergantung penggunaan mobil.

Untuk mengganti kampas rem, para pemilik mengandalkan jasa dari bengkel baik bengkel menetap atau bengkel panggilan untuk mengerjakan penggantian tersebut.

Tapi, ternyata untuk mengganti kampas rem mobil ini cukup mudah. Anda yang awam pun bisa melakukannya asal punya sedikit alat.

Lalu bagaimana langkahnya ? mari kita bahas


Baca pula : 6 Cara menyetel ketinggian rem parkir mobil
harga kampas rem Toyota

Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil


sebelumnya anda harus menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat-alat ini tidaklah neko-neko dan biasanya mudah didapatkan

  • Satu buah dongkrak portable
  • Kunci roda
  • Kunci ring 14-12 atau 14-17
  • Satu set kampas rem baru
  • Brake piston pressing tool (apabila ada)

Setelah semua alat dan bahan siap, maka kita langsung membongkar remnya.

1. Dongkrak mobil hingga roda terangkat


cara menggati kampas rem cakram

Langkah pertama adalah mendongkrak mobil hingga roda terangkat. Untuk mendongkak mobil anda pasti sudah ahli dalam hal ini. Untuk yang masih awam, anda bisa membaca postingan cara aman dan tepat mendongkrak kendaraan.

Secara singkat, mendongkak mobil itu yang terpenting ada pada tumpuannya. Pastikan anda memilih tumpuan pada frame atau chasis mobil karena pada tumpuan ini tersambung ke bagian body sehingga kuat mengangkat sebagian bobot kendaraan.

Tapi karena kita akan melepas bagian roda, pertama posisikan dulu dongkrak hingga pas pada tumpuan. Sebelum mengangkat mobil, kendorkan dahulu roda depan mobil. Ini bertujuan agar nanti kita tidak kesulitan saat melepas roda.

Setelah semua baut kendor (maksimal satu putaran) anda bisa mengangkat mobil atau mendongkak mobil hingga roda mengambang.

2. Lepas roda

cara mengganti kampas rem mobil

Karena baut sudah kita kendorkan semua, maka kita tinggal melepas baut roda hanya dengan tangan. Bandingkan ketika sebelum mendongkrak anda tidak mengendorkan baut roda ini, maka akan lebih sulit karena posisi roda terangkat pasti akan berputar saat kita menekan kunci roda.

Setelah baut terlepas semua, kita bisa menarik roda dan sistem rem cakram pada roda depan mobil pun terlihat dengan jelas.

3. Buka baut caliper atas dan bawah


Gunakan kunci ring 14 atau beberapa mobil ada pula yang menggunakan baut 12 untuk membuka baut pengikat caliper rem. Anda bebas membuka dari atas dulu atau dari bawah, intinya dalam membuka baut ini anda juga perlu berhati-hati.

Mengapa ?

Karena banyak kejadian baut caliper yang patah atau slek. Ini maklum saja, mengingat posisi baut ada didekat rem yang memiliki suhu cukup tinggi saat melakukan pengereman. Suhu tinggi tersebut bisa mempengaruhi kualitas bahan dari baut caliper.

Saat anda menemui kondisi dimana baut caliper keras untuk dilepaskan, maka tekniknya adalah dengan mengagetkan kunci atau memukul bagian batang kunci. Cara ini setidaknya lebih aman dari pada harus menekan kunci dengan kuat karena itu bisa membuat kepala baut menjadi bulat/aus.

4. Lepas caliper rem

Setelah dua baut caliper tadi berhasil anda lepaskan, langkah berikutnya anda hanya tinggal menarik caliper rem kearah luar. Mungkin akan sedikit keras karena posisi piston masih menempel terhadap kampas.

harga kampas rem depan motor

Tekniknya, anda bisa menarik caliper ini dari sisi atas dan bawah secara bergantian. Cara ini membuat caliper seolah terungkit dari dua sisi secara bergantian sehingga posisinya semakin keluar.

5. Lepas kampas rem

Setelah caliper berhasil dilepas, letakan caliper tersebut dibagian suspensi mobil. Ini karena masih ada selang hidrolis yang terhubung sehingga kita tidak bisa menjauhkan caliper dari area ini.

Saat ini, kampas rem sudah bisa anda lepaskan menggunakan bantuan tangan. Anda bias mengecek dulu apakah kampas rem benar-benar tipis sehingga perlu dilakukan penggantian.

Hal lain yang dapat anda lakukan saat ini adalah membersihkan bagian piringan rem. Saat caliper terlepas 100% bagian piringan rem bisa terlihat. Hal ini bisa kita gunakan untuk membersihkannya. Gunakan brake cleaner untuk membersihkan debu, oli, atau cecean grease dari permukaan piringan.

Tapi kalau anda tidak memiliki brake cleaner ini, anda bisa menggantinya dengan air bersih.

6. Pasang kampas rem


Setelah pembersihan telah selesai, anda langsung pasang kampas rem. Biasanya antara kampas bagian dalam dan luar memiliki perbedaan. Kampas bagian dalam biasanya memiliki lempengan seng yang mengarah kearah piringan. Lempengan ini namanya brake wear indicator yang akan memberitahu kita kalau kondisi kampas rem sudah hampir habis.

Tetapi kalau kedua kampas ini sama saja (tidak dilengkapi brake wear) maka anda bisa memasangkannya secara bolak balik.


Jangan lupakan juga plat tipis yang melapisi bagian kampas rem. Beberapa mobil memiliki plat lempengan untuk melapisi kampas rem dengan piston. Coba cek pada kampas lama, kalau ada pindahkan ke kampas yang baru tapi kalau tidak ada, anda langsung ke langkah berikutnya.

Baca pula : Daftar harga kampas rem mobil Toyota

7. Masukan piston kedalam caliper

Langkah selanjutnya, kita perlu menyesuaikan celah piston dengan kampas rem baru. Pada sistem rem cakram, celah rem itu diatur secara otomatis, sehingga ketika kampas rem tipis maka piston didalam caliper akan lebih menonjol/keluar.

Kalau kita pasangkan caliper ini dengan kampas yang lebih tebal, maka caliper tidak akan masuk karena terhalang oleh piston yang menonjol. Solusinya kita perlu mendorong piston kembali kedalam caliper agar permukaanya rata.

Caranya dengan menggunakan brake caliper pressing tool. Alat ini memang hanya tersedia di beberapa bengkel resmi, untuk anda yang berada di rumah anda bisa menggantinya dengan batang pengungkit.

Batang pengungkit ini bisa anda gunakan apa saja, bisa stang dongkrak atau kunci ring besar (14-17) atau batang lain asal punya kekuatan besar.


Caranya, pertama letakan dua buah kampas rem bekas diatas piston lalu gunakan dua batang untuk mengungkit kampas rem tersebut dengan kuat. Hal ini akan membuat piston terdorong kedalam caliper.

8. Pasang caliper dan kencangkan baut caliper

Setelah piston didalam caliper sudah di sesuaikan, langsung pasang caliper ke piringan dengan posisi seperti sebelumnya. pasang juga baut caliper dan kencangkan dengan moment kekencangan yang wajar (jangan berlebihan karena bisa membuat baut patah).

9. Pasang ban dan turunkan dongkrak

Langkah terakhir adalah tahap finishing, yakni dengan memasang roda, memasang baut roda, menurunkan dongkrak, dan mengencangkan baut roda dengan kekencangan sesuai spesifikasi (biasanya 12 Nm).

Setelah satu sisi sudah selesai, maka lakukan langkah serupa ke roda satunya. Ini karena proses menganti kampas rem cakram dilakukan satu set atau dua roda.

Seusai mengganti kampas rem, hal yang perlu diperhatikan adalah cek dulu volume minyak rem. Biasanya akibat piston yang dipress, minyak rem akan naik dan bahkan bisa meluber. Kalau luberan minyak rem ini mengenai body dan kabel, bisa saja zat asam pada minyak rem akan membuat komponen tersebut terkelupas.

Sehingga cek apabila ada ceceran minyak rem dan terakhir sebelum anda menggeber mobil anda, tekan-tekan dulu rem mobil hingga beberapa kali. Saat pertama anda menekan pedal rem, pasti akan ngempos. Ini terjadi karena celah rem cakram belum diset.

Oleh sebab itu dengan menginjak rem hingga lebih dari tiga kali, celah rem cakram akan tersetting secara otomatis dan rem pun akan kembali kerasa seperti semula.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai cara mengganti kampas rem cakram mobil. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.