5 Penyebab Lampu Motor Redup + Cara Ampuh Mengatasinya

Advertisement
Lampu motor idealnya harus terang karena fungsi utama dari lampu ini sebagai penerangan bagi motor yang melintas di jalanan yang minim penerangan.

Tapi ada suatu masalah, dimana lampu motor lebih redup dari biasanya. Tentu, hal ini akan membuat kita was-was karena lampu redup artinya penerangannya tidak masalah. Lalu apa penyebabnya ?

Penyebab Lampu Motor Redup


1. Soket lampu kendor

Perlu anda ketahui bahwa arus listrik itu seperti air. Dimana ketika kita menyalurkan air dalam posisi selang kendor. Maka air tersebut akan meluber keluar dan menyebabkan hanya sedikit air yang sampai ke bak penampungan.

Begitu juga dengan arus listrik, apabila soket kendor maka arus listrik yang masuk ke lampu menjadi kurang maksmal. Hasilnya sinar lampu akan lebih redup.

2. Soket lampu karatan

Soket lampu biasanya menggunakan plat. Plat yang berbahan logam ini, juga bisa karatan. Karat yang berada di tengah aliran arus listrik itu seperti hambatan.

Sehingga tegangan listrik yang sampai ke lampu menjadi lebih rendah dari standarnya. Sehingga sinar lampu menjadi kurang terang.

Karat pada soket ini, bisa disebabkan karena banyak hal. Salah satunya karena ada air hujan yang masuk ke sela head cover motor dan menempel pada soket ini.

3. Baterai lemah

Aki atau baterai bertugas sebagai penyimpan arus listrik. Saat kita menyalakan semua sistem kelistrikan motor ketika mesin mati, maka aki yang menyediakan sumber listriknya.

Kalau aki lemah, otomatis sistem kelistrikan yang diaktifkan tidak dapat berfungsi dengan normal. Contohnya pada klakson yang kurang keras/sember, dan lampu yang redup.

4. Kiprok lemah

Kalau aki berfungsi untuk menyimpan arus listrik, maka kiprok dan spull adalah komponen yang bertugas mengisi daya aki. Namun kiprok dan spull tidak hanya melakukan pengisian, dua komponen ini juga dibebankan untuk menunjang semua sistem kelistrikan ketika mesin hidup.

Dengan kata lain, saat mesin motor hidup maka baterai tidak lagi berguna sebagai penyedia sumber listrik, melainkan kiprok dan spull yang menyediakan listrik untuk semua sistem kelistrikan.

Sehingga jelas, apabila kiprok atau spull mengalami kerusakan maka arus pengisian akan terganggu. Akibatnya lampu motor bisa terang redup tidak jelas.

5. Kabel lampu meleleh

Selain karena soket yang karatan, lelehan kabel juga bisa menyebabkan hambatan arus listrik. Sehingga listrik yang dikirimkan oleh sumber arus ke lampu menjadi kurang maksimal.

Lelehan kabel ini, juga bisa terjadi pada bagian soket. Terutama saat kondisi soket terlalu panas. Panas ini bisa muncul karena adanya loncatan elektron didalam soket yang menimbulkan peningkatan suhu dksekitarnya.


Lantas, Bagaimana Cara Memperbaiki Lampu Motor Yang Kurang Terang ?


Seperti yang saya katakan diawal artikel, kita perlu cek dimana lokasi penyebabnya. Baru kita bisa melakukan perbaikan.


  • Saat lampu motor anda redup, coba cek kondisi berikut ;
  • Ketika mesin mati, hidupkan lampu sein. Kalau berfungsi dengan normal (bedkedip) maka bateri O.K. Tapi kalau tidak berkedip, berarti aki soak/tekor.
  • Periksa soket lampu, apakah dalam keadaan baik atau tidak. Pastikan tidak ada lelehan atau karat pada soket. Kalau ditemui, anda perlu mengganti soket lampu.
  • Cek juga kabel lampu motor dari ujung hingga ketemu ujung. Pastikan kabel normal (tidak ada sambungan/kabel mengelupas).
  • Kalau masalahnya belum ketemu juga, cek kiprok. Saat mesin hidup, ukur tegangan output yang keluar dari kiprok menggunakan voltmeter. Kalau kurang dari 11 Volt maka ada kerusakan.


Cara yang terakhir, memang memerlukan alat khusus berupa volt meter atau multimeter. Biasanya alat ini hanya tersedia di bengkel dan beberapa teknisi elektronika. Jadi cara terbaik adalah dengan membawa motor ke bengkel terdekat.

Namun, ada komponen tertentu yang membuat sinar lampu lebih terang dari biasanya. Anda bisa baca selengkapnya di artikel berikut Cara membuat lampu motor lebih terang + lebih awet.


Masalah Lain Yang Sering Muncul Di Lampu Kepala Motor


1. lampu redup saat digas

Kalau kita perhatikan, saat mesin motor hidup pada putaran idle (tidak digas). Ketika kita nyalakan lampu maka sinar lampu lebih redup, bahkan pada beberapa motor lampu agak berkedap-kedip.

Namun ketika digas, lampu menjadi lebih terang dan sinarnya stabil. Inu karena tegangan listrik yang dihasilkan oleh kiprok bervariasi tergantung RPM mesin.

Ini bukanlah masalah, namun yang menjadi masalah ketika motor digas namun lampu tetap redup.

Tapi, kalau anda ingin membuat lampu terang terus meski RPM mesin rendah, anda bisa memasangkan voltage stabilizer pada baterai lalu pindahkan kabel lampu dari kiprok ke baterai.

2. lampu redup saat direm

Untuk kejadian ini, bisa terjadi karena saat kita menekan tuas rem maka lampu rem akan menyala. Lampu rem juga memerlukan arus listrik, sehingga ketika kita tekan rem maka beban kelistrikan motor semakin bertambah.

Apabila aki masih bagus, lampu depan tidak akan berpengaruh kalau kita menekan rem. Namun kalau lampu ternyata lebih redup, bisa dipastikan aki mulai lemah.

3. lampu motor kadang redup kadang terang

Ini, terjadi karena kiprok yang sudah tidak normal. Fungsi sebenarnya dari kiprok adalah sebagai pengatur arus pengisian dari spull. Jadi sebenarnya listrik yang dihasilkan spull itu bisa melebihi 14 Volt ketika RPM tinggi.

Namun, kalau listrik pada motor mencapai 15 Volt itu tidak baik untuk sistem kelistrikan motor yang memilki tegangan kerja 12 Volt. Sehingga kiprok memilki serangkaian transistor untuk mencegah overcharging seperti ini.

Kalau komponen didalam kiprok sudah mulai rusak, maka kemampuan kiprok dalam meregulasi tegangan pengisian juga akan terganggu. Akibatnya kadang listrik yang dihasilkan bertegangan besar, kadang juga kecil. Akibatnya lampu kadang terang kadang redup.

Untuk masalah ini, kita perlu mengganti kiprok motor dengan yang masih normal. Atau kalau bisa coba ganti komponen didalam kiprok, karena akan lebih ekonomis.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai penyebab lampu motor redup. Semoga bisa menambah wawasan kita.