Mesin Bensin 2 Tak - Pengertian, Komponen, dan Cara Kerja + Animasi

Advertisement
Motor bakar adalah sebuah konverter energi yang bisa mengubah energi dari energi panas ke energi gerak. Prinsip kerja yang dilakukan oleh motor bakar adalah pembakaran, ada mesin pembakaran dalam dan mesin pembakaran luar.

Mesin 2 tak salah satunya masuk ke mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) yang melakukan proses pembakaran didalam mesin. Pembakaran ini akan menghasilkan panas dan panas diubah ke energi gerak melalui serangkaian mekanisme.

Pengertian Mesin 2 Tak


Mesin 2 tak (two-stroke engine) adalah mesin pembakaran dalam yang memiliki dua siklus kerja, oleh sebab itu mesin ini dinamakan sebagai mesin 2 tak atau mesin 2 langkah.

Kalau menurut wikipedia, pengertian motor bakar dua langkah adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran akan mengalami dua langkah piston, berbeda dengan mesin empat-tak yang mengalami empat langkah piston dalam satu kali siklus pembakaran, meskipun keempat proses intake, kompresi, tenaga dan pembuangan juga terjadi.

Macam-macam mesin 2 tak

Mesin 2 tak memiliki beberapa jenis antara lain ;

  • Mesin bensin 2 tak, ini adalah mesin dua langkah yang menggunakan bahan bakar gasoline. Mesin ini sering kita temui pada sepeda motor seperti RX-King atau Ninja RR.
  • Mesin diesel 2 tak, kalau ini adalah mesin 2 langkah yang menggunakan bahan bakar solar. Selain dari bahan bakarnya, torsi yang dihasilkan mesin diesel 2 tak juga lebih besar sehingga banyak diaplikasikan sebagai mesin kapal atau kereta.

Komponen Mesin 2 Tak


Mesin dua tak memiliki komponen yang lebih ringkas dibandingkan mesin 4 tak. Antara lain ;

  • Kepala silinder, sebagai penutup atas bagian silinder sekaligus sebagai tempat combustion chamber.
  • Blok silinder, fungsinya sebagai temppat naik turun piston.
  • Combustion chamber, berfungsi sebagai tempat terjadinya pembakaran mesin.
  • Crank case, merupakan ruang dibawah piston yang berfungsi dalam hal pemasukan campuran udara dan bensin.
  • Intake port, merupakan saluran masuk yang terhubung langsung dengan crankcase
  • Exhaust port, merupakan saluran buang yang terhubung langsung dengan ruang bakar.
  • Transfer port, merupakan sebuah saluran didalam blok silinder yang menghubungkan crankcase dengan combustion chamber sehingga udara dari dalam crankcase bisa naik ke ruang bakar.
  • Piston,  berfungsi untuk mengubah volume ruang bakar sekaligus menutup dan membuka semua saluran udara pada mesin.
  • Connecting rod, berfungsi untuk menghubungkan gerakan piston ke poros engkol
  • Poros engkol, adalah komponen yang mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan rotasi.
Dari semua komponen diatas, ternyata mesin bensin 2 tak tidak memiliki mekanisme katup. Itu memang benar karena pemasukan dan pengeluaran gas dari luar mesin ke dalam itu dilakukan dengan memanfaakan sisi piston.

Prinsip Kerja Mesin 2 Tak


Prinsip kerja Motor bakar dua tak yakni dengan menghasilkan satu siklus di setiap putarannya. Artinya satu putaran engkol berarti satu siklus mesin.

Ini sangat berbeda dengan motor bakar 4 tak yang memiliki dua putaran engkol dalam satu siklus kerja mesin. Motor 4 tak memiliki 4 langkah dimana setiap langkah itu memakan setengah putaran engkol, sementara motor 2 tak itu hanya memiliki 2 langkah sehingga cukup 1 putaran untuk menghasilkan siklus kerja mesin.

Lebih rinci bisa simak : 7 Perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak

Agar lebih jelas silahkan lanjut untuk membaca cara kerjanya.

1. Langkah piston turun


Langkah pertama adalah ketika piston turun dari TMA ke TMB. Pada proses ini terjadi pembesaran volume silinder karena saat posisi piston diatas, volume silinder akan sangat minim. sementara ketika piston bergerak bawah, maka volumenya berangsur membesar.

Pembesaran volume silinder ini menyebabkan adanya kevakuman (daya hisap). Sebaliknya, dibagian crankcase justru terjadi pengecilan volume karena piston bergerak kearah bawah.

pada saat piston bergerak kebawah, dinding piston akan menutup saluran intake, sehingga udara didalam crankcase akan mengalir ke combustion chamber melalui transfer port.

2. Langkah piston naik


Ketika piston bergerak dari TMB ke TMA, maka akan terjadi pengecilan volume ruang bakar, pergerakan piston ke atas, juga akan menutup transfer port dan exhaust port. Sehingga pergerakan piston ini akan mengkompresi udara dan bensin yang sebelumnya sudah masuk ke ruang bakar.

Disisi lain pada crankcase, gerakan piston ke atas menyebabkan pembesaran volume. Saat langkah ini, saluran intake akan kembali terbuka dan campuran udara bensin kembali masuk ke crankcase.

Ketika piston sudah mencapai puncak, maka busi akan menyala. Saat ini tekanan kompresi sudah sangat tinggi akibatnya terjadilah pembakaran.

Pembakaran ini akan mendorong piston berekspansi, sehingga piston bergerak ke arah bawah. ketika piston bergerak kebawah, saluran exhaust dan transfer port akan terbuka sehingga udara bersih dari crankcase akan mendorong gas sisa pembakaran keluar melalui exhaust port.

Gambar kerja mesin 2 tak


Supaya lebih jelas, anda bisa menyimak animasi berikut ;

animasi kerja mesin 2 tak by wikipedia.org


Kelebihan motor bakar dua tak

  • Top RPM mesin lebih tinggi
  • Tenaga mesin juga lebih besar
  • Suara lebih nyaring

Kekurangan motor bakar dua tak

  • Bensin lebih boros
  • Perlu oli samping
  • Emisi sangat buruk

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai cara kerja mesin bensin 2 tak. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang dunia otomotif.