2 Cara Mudah Menghidupkan Mobil Yang Akinya Soak

Advertisement
Aki tekor atau soak masih menjadi masalah yang cukup merepotkan bagi pemilik mobil. Pasalnya tanpa aki kita tidak bisa menyalakan sistem starter yang mana fungsinya untuk menyalakan mesin.

Sehingga tanpa aki atau kalau tegagan aki drop itu berarti mesin mobil anda tidak dapat dihidupkan.

jual kabel jumper aki termurah

Solusinya ada beragam, anda bisa mengganti aki mobil anda dengan aki baru, atau melakukan pengisian ulang tegangan aki. Namun itu semua butuh proses lama dan perlu biaya juga.

Sementara itu, bagaimana kalau kondisi kita sedang genting atau sedang terburu-buru ? kita tidak mungkin pergi ke shop and drive dulu untuk ganti aki, mobilnya saja belum hidup.

Kalau begini masalahnya, ada dua cara yang bisa anda lakukan.
  • Untuk mobil bertransmisi manual anda bisa meminta bantuan orang lain untuk mendorong mobil (dengan posisi gigi masuk)
  • Meminta bantuan mobil lain untuk melakukan jumping aki


Lantas, bagaimana cara melakukannya ?


1. Cara menghidupkan mobil dengan didorong

harga aki mobil

Pertama, pastikan dulu ada orang yang bersedia untuk mendorong mobil anda. Bisa penumpang mobil anda atau minta bantuan orang lain. Jumlahnya juga tak banyak, dua orang saja cukup (untuk sekelas MPV)

Lalu sebelum mobil didorong, masukan gigi transmisi ke posisi 1 atau 2.

Kalau anda memasukan gigi di posisi 1, akan lebih berat saat didorong namun karena putaran mesin akan lebih cepat sehingga mesin mudah dihidupkan meski mobil didorong dengan kecepatan lambat.

Namun kalau mereka yang mendorog terasa terlalu berat, anda pindahkan gigi ke posisi 2. Ini akan membuat dorongan mobil lebih ringan.

Saat didorong, pastikan juga kunci kontak ada pada posisi ON. Ketika didorong, karena gigi transmisi masuk maka putaran dari roda langsung memutar mesin dan ini sama seperti proses electric starter yang memutar poros engkol mesin.

Sehingga mesin akan terjadi pembakaran dan saat mesin berhasil hidup, sistem pengapian mesin serta sistem kelistrikan lain akan langsung disuplai oleh alternator.

2. Cara menghidupkan mobil yang aki tekor dengan jumper

jual kabel jumper aki mobil

Cara kedua saya rasa lebih efektif karena kita tidak perlu lagi

Karena pada cara ini, kita tak perlu lagi repot-repot mendorong mobil. Sebagai gantinya, kita membutuhkan bantuan satu mobil yang masih memiliki aki yang bagus.

Lalu kita juga butuh satu set kabel jumper, kabel jumper ini terdiri dari dua kabel tebal yang masing-masing berfungsi sebagai kabel positif baterai (merah) dan masa baterai (putih).

Untuk lebih detail bisa simak pada artikel berikut, panduan menjumper aki mobil yang tekor. Namun disini akan kita bahas singkatnya saja.

Caranya, pertama kita cari dulu  mobil yang masih memiliki aki bagus. Anda bisa meminta bantuan mobil teman anda atau keluarga anda.

Lalu buka kap mesin kedua mobil, hubungkan dua aki pada dua mobil tersebut dengan sambungan parallel (terminal positif dengan positif, terminal negative dengan negative).

Setelah selesai, nyalakan mesin mobil anda seperti biasa. Kalau mesin berhasil menyala, anda bisa melepas kabel jumper karena kelistrikan mesin akan disuplai langsung oleh altenator.

Hal yang perlu diperhatikan adalah anda juga perlu memastikan tegangan aki kedua mobil sama. Umumnya mobil-mobil sekarang (hatch, MPV, SUV, Pick-up) sama-sama menggunakan aki 12 V. Namun jangan menjumper aki mobil anda dengan truk, karena truk biasanya memiliki aki 24 V.

Lantas, mana yang lebih mudah dilakukan ?

Kalau urusan mudah tidaknya itu tergantung, kalau didaerah itu tidak ada mobil lain untuk dijumper dan anda sendiri tidak memiliki kabel jumper maka cara pertama masih yang terbaik. Namun kalau anda memiliki kabel jumper, maka akan lebih efektif dan mudah menggunakan cara kedua.

Demikian artikel tentang cara menghidupkan mobil yang akinya tekor. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.