5 Cara Praktis Membersihkan Kaca Lampu Mobil Agar Kinlcong

Advertisement
Lampu mobil yang buram tidak hanya menganggu intensitas cahaya yang dikeluarkan bolam lampu, tapi juga menganggu penampilan mobil.

Pasalnya kalau lampunya buram, maka mobil terkesan kusam, tidak terawat dan terbengkalai. Coba saja anda bandingkan, mobil dengan kaca lampu bening dan kusam. Pasti lebih menarik yang masih bening.

Tapi karena faktor pemakaian, kaca lampu mobil sedikit demi sedikit akan menjadi lebih kusam dan buram. Sehingga kalau kita tidak membersihkannya, kaca lampu ini akan menguning dan sulit sekali dibersihkan.

Jadi sebelum kaca lampu mobil anda berubah warna menjadi kuning, anda perlu membersihkannya terlebih dahulul. Untuk cara membersihkannya, anda tak perlu repot karena bahan-bahan yang ada disekitar kita juga bisa kita gunakan untuk membersihkan reflektor lampu ini.

Cara Mudah Membersihkan Kaca Lampu Mobil


yang pertama, anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang cukup sederhana. Antara lain ;

  • air + pembersih kaca
  • compound/pasta gigi (sebagai ganti)
  • kain lap/tissue
  • lap kanebo


caranya sebagai berikut ;

1. Bersihkan permukaan kaca lampu menggunakan air

Pertama, anda basuh dulu permukaan kaca lampu menggunakan air agar debu dan kotoran yang melekat bisa luntur dan permukaan kaca lampu basah. Namun, proses pembasahan menggunakan air ini tidak mampu mengangkat noda yang membuat kaca lampu kusam. Jadi lanjutkan ke proses berikutnya.

2. Bersihkan noda membandel menggunakan compound atau pasta gigi


img : lifehack.org

Setelah permukaan kaca mobil dibasahi, proses selanjutnya adalah membersihkan noda-noda yang membandel. Noda membandel ini yang membuat permukaan kaca lampu kusam.

Caranya anda oleskan pasta gigi dengan merk apapun pada permukaan kaca, lalu anda oles-oleskan menggunakan kain lap atau tissue secara merata ke semua permukaan kaca. Lakukan juga dengan sedikit penekanan agar noda-noda yang sulit terangkat, bisa terangkat.

Oleskan terus secara berulang-ulang untuk memastikan noda pada lampu terangkat.

Sebenarnya, anda juga bisa menggunakan compound. Compound memang bahan khusus yang digunakan untuk menghilangkan noda-noda pada body mobil. Tapi barangkali bahan ini sulit didapat, anda bisa gunakan pasta gigi dengan merk apapun yang juga punya fungsi hampir sama.

3. Bilas lagi menggunakan air

Langkah selanjutnya, bilas kembali kaca mobil menggunakan air bersih. Ini dilakukan untuk melunturkan pasta gigi yang masih ada dipermukaan kaca lampu. Saat membilas, basuh juga kaca lampu menggunakan lap atau busa. Hal ini dikarenakan, apabila ada pasta gigi yang tertinggal maka akan membekas dan menimbulkan noda baru pada permukaan lampu.

4. Cek kembali apakah masih ada noda yang tertinggal atau tidak

Anda cek lagi, apakah masih ada permukaan kaca yang terlihat kusam atau semuanya sudah bersih. Kalau masih ada spot yang kusam, ulangi dengan mengolesnya lagi dengan pasta gigi.

5. Keringkan lampu dan gunakan pembersih kaca



Langkah terakhir, anda keringkan lampu menggunakan lap kanebo. Setelah air pada lampu mobil sudah tidak ada, lanjut dengan menyemprotkan cairan pembersih kaca.

Cairan ini, akan membuat kaca lampu mengkilap sehingga terasa seperti baru.

Baca pula ; 5 penyebab lampu motor redup + solusinya

Tapi Bagaimana Kalau Yang Kotor Ada Di Bagian Dalam ?


Langkah diatas, merupakan cara membersihkan lampu mobil hanya pada bagian luar. Dengan kata lain kalau bagian dalam lampu ada embun, atau kotorannya ada dibagian dalam maka anda perlu melakukan prosedur lain.

Untuk membersihkan kaca lampu bagian dalam, jalan satu-satunya yakni dengan memisahkan kaca lampu dengan reflektor. Pemisahan ini memang sedikit sulit karena kalau dilakukan secara tidak benar bisa membuat kaca lampu tergores hingga pecah.

Oleh sebab itu, disarankan untuk membawanya ke salon mobil untuk dibersihkan.

Tips menjaga lampu tetap bersih

Untuk menjaga lampu agar tidak cepat kusam, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ;

  • Selalu memperhatikan kebersihan permukaan kaca lampu. Apabila ada noda kecil yang menempel pada lampu, segera bersihkan karena nanti kalau dibiarkan bisa sulit dihilangkan.
  • Gunakan bolam lampu standar, kalau anda menggunakan bolam lampu lain yang ternyata lebih panas maka bisa membuat bagian dalam lampu kusam dengan lebih cepat.
  • Pastikan seal/karet pada bolam lampu tidak rusak, kerusakan seal ini bisa membuat debu atau udara lembab masuk ke dalam lampu sehingga bagian dalam lampu bisa berembun


Untuk cara amannya, anda bisa melapisi kaca lampu menggunakan sticker bening. Kalau terkena kotoran, yang kotor itu Cuma stikernya. Jadi kalau kusam, tingal lepas sticker dan ganti yang baru.