Bisa PUTUS, Ini Akibat Rantai Motor Terlalu Kencang

Advertisement
Bagi anda yang memiliki sepeda motor, pasti tak asing dengan yang namanya penyetelan ketegangan rantai. Penyetelan ini bertujuan menjaga atau merawat kondisi rantai sepeda motor agar tidak terlalu kendor atau terlalu kencang.

Hal itu dikarenakan rantai yang terlalu kendor dan terlalu kencang akan menimbulkan akibat yang merugikan kita sendiri.


Kalau rantai terlalu kendor, rantai bisa-bisa lepas dari girnya apalagi kalau anda sering melintasi jalan yang tidak rata.

Selain itu rantai yang terlalu kendor juga akan menimbulkan suara berisik yang membuat kita tidak nyaman.

Saat rantai sudah kendor, pemilik motor biasanya akan menyetel ketegangan rantainya. Namun, penyetelan ketegangan rantai tidak bisa sembarangan karena kalau anda menyetel rantai terlalu tegang justru juga membawa akibat buruk.

Saat ketegangan rantai distel terlalu keras, rantai akan tertarik lebih kuat. Hal ini akan membuat rantai mudah molor, dan yang paling parah rantai bisa putus.

Secara teori rantai yang berbagan logam memang harusnya susah dipatahkan. Tapi karena rantai terlalu tegang, ditambah putaran gear rantau juga tinggi membuat rantai jauh lebih kuat tertarik. Dan ini sudah mampu memutuskan rantai.

Lalu apa solusinya kalau rantai sudah putus ?

Mau tidak mau anda harus menuntun motor ke bengkel. Saat sudah sampai ke bengkel, rantai harus diganti. kalau disambung mungkin bisa saja dengan mengganti mata rantai yang putus dengan yang baru.

Tapi rantai yang disambung-sambung memiliki resiko putus yang juga besar.

Sehingga cara amannya adalah dengan mengganti rantai motor dengan yang baru.

Untuk menghindari kejadian putus rantai ditengah jalan, anda sebagai pemilik motor harus mengecek dan menjaga kondisi rantai. Perawatan rantai motor bukan Cuma menyetel ketegangan rantai tapi juga menjaga rantai tetap bersih dari debu dan memastikan rantai tidak kering.

Rantai kering akan mengundang karat, dan karat ini bisa membuat rantai keropos sehingga mudah putus.

Tapi kalau bisa jangan lumasi rantai dengan oli apalagi oli bekas, karena oli memang bagus untuk melumasi tapi oli akan mengundang debu untuk menempel. Sehingga nantinya rantai motor anda akan dipenuhi debu.

Gunakan chain lube merk apapun untuk melumasi rantai, karena selain bisa melumasi rantai, chain lube ini juga bagus untuk menghalau debu, air untuk menempel.