Metode Penelitian Kualitatif, Pengertian, Jenis dan Contoh

Advertisement
Salah satu metode penelitian yang masih banyak dipakai saat ini adalah metode penelitian kualitatif. Lantas, apa itu sebenarnya metode penelitian kualitatif ? bagaimana prosesnya ? dan apa saja jenisnya ?

Hari ini akan kita bahas bab metode penelitian kualitatif secara mendalam.

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli


imb src enil.eu

1. Menurut Soegiyono

Pengertian penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan tri-anggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

2. Menurut Lexy J. Moleong

Metode penelitian kualitatif adalah suatu riset yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

3. Menurut Sukmadinata

Dasar penelitian kualitatif merupakan konstruktivisme yang berasumsi bahwa kenyataan itu berdimensi jamak, interaktif dan suatu pertukaran pengalaman sosial yang diinterpretasikan oleh setiap individu. Peneliti kualitatif percaya bahwa kebenaran ialah dinamis dan dapat ditemukan hanya melalui penelaahan terhadap orang-orang melalui interkasinya dengan situasi sosial mereka.

Lebih lengkapnya ada di artikel berikut ; Definisi Penelitian Kualitatif Menurut 9 Ahli

Tujuan Metode Penelitian Kualitatif


Tujuan dari penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan dasar perolehan data yang mendalam dan lengkap (Rahmat Priantoro).

Karena menitik beratkan ada kualitas riset, maka penelitian ini akan semakin baik apabila data yang dikumpulkan semakin mendalam, hingga ke bagian-bagian yang rinci. Hal itulah yang menyebabkan jumlah responden pada penelitian ini lebih sedikit dibandingkan metode kuantitatif karena menitik beratkan pada kedalaman data.

Ciri Ciri Penelitian Kualitiatif

1. Menggunakan Lingkungan Sebagai Sumber data

Untuk memperoleh data, peneliti datang langsung ke lokasi objek penelitian. Peneliti akan mengamati, berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitar dan menyusun data saat itu juga dilokasi.

2. Deskriptif Analitik

Data-data akan dianalisa, dan hasil analisa data akan dipaparkan dalam bentuk narasi bukan angka-angka.

3. Mengedepankan Proses

Bagaimana cara mendapatkan hasil penelitian yang sedalam-dalamnya ? tentu data yang dikumpulkan dan proses analisa yang dilakukan harus benar-benar matang. Oleh sebab itu, penelitian ini difokuskan ke proses dalam melakukan penelitian daripada hasilnya.

Mungkin soal hasil, peneliti sudah bisa memprediksinya tapi alasan dan bagaimana proses penelitian itu berlangsung, itu yang dititik beratkan.

4. Bersifat Induktif

Penelitian kualitatif berawal dari data, dimana data-data tersebut diperoleh melalui proses pengamatan langsung dilapangan. Dan dari data, akan menghasilkan sebuah teori atau penjelasan deskriptif.

5. Utamakan Makna

Penelitian ini akan menonjolkan makna yang tersirat pada peristiwa atau fenomena yang diteliti. Atau bisa juga digunakan untuk mengungkap makna/esensi dari sebuah tradisi/tren ditengah masyarakat. Oleh sebab itu, penelitian ini kental terhadap aspek psikis dan filosofis

Prosedur Penelitian Kualitiatif

Secara garis besar penelitian ini diawali dengan mengumpulkan data-data dari obyek atau responden yang berkaitan dengan apa yang diteliti. Satu obyek atau responden saja, bisa menghasilkan banyak data karena ini bersifat kualitatif alias mementingkan kelengkapan data dari satu obyek dibandingkan banyaknya obyek itu sendiri.

Selanjutnya akan dilakukan analisa dimana semua data pada penelitian ini akan saling melengkapi. Di akhir, peneliti akan menyusun kesimpulan berbentuk narasi yang menjelaskan secara mendalam apa yang diteliti.

Jenis Penelitian Kualitiatif

Ada 5 jenis metode pada penelitian kualitatif

1. Metode fenomenologis

Penelitian yang dilakukan dengan mewawancarai satu persatu responden yang terikat dalam satu fenomena yang sama untuk mengetahui secara universal perasaan/respon mereka terhadap peristiwa tersebut.

2. Metode etnografis

Penelitian yang dilakukan dengan menyatukan diri peneliti kedalam suatu lingkungan/kelompok sosial untuk mencari esensi atau makna akan budaya atau tradisi yang ada pada kelompok tersebut. Metode ini biasanya digunakan untuk mencari esensi dari sebuah tradisi dimasyarakat.

3. Metode historis

Merupakan metode yang digunakan untuk mencari tahu alasan, dan penjelasan ilmiah dibalik suatu peristiwa atau fenomena yang telah berlangsung. Peneliti akan mengumpulkan data dari apa yang ditinggalkan peristiwa/fenomena tersebut dan mewawancarai orang yang terkait peristiwa tersebut.

4. Metode studi kasus

Merupakan metode yang digunakan untuk mencari tahu alasan, dan penjelasan ilmiah dibalik suatu peristiwa atau fenomena yang sedang berlangsung. Prosedurnya juga hampir sama dengan metode historis, yang membedakan hanya waktu kejadiannya.

5. Metode grounded theory

Metode yang berlandaskan pada teori yang sudah ada namun peneliti melakukan verifikasi dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data dan menyimpulkan teorinya berdasarkan data yang ditemukan dilapangan (tidak lagi dilandasi teori yang sudah ada).

Untuk lebih lengkap, simak 5 Metode yang digunakan pada riset kualitatif + penjelasannya

Contoh Penelitian Kualitiatif


  • Struktur Dan Kultur Pembangkangan Komunal: Kasus Pelarangan Kapal Cantrang Di Perairan Jawa Utara
  • Representasi Multikulturalisme Dalam Film Indonesia
  • Gaya Hidup Komunitas Penggemar Vespa Gembel Sebagai Subkultur
  • Telecenter Sebagai Media Pemberdayaan Masyarakat Informasi