10 Macam Sumber Daya Alam Beserta Contoh dan Manfaatnya

Advertisement
Sumber daya alam itu sangat luas cakupannya, karena segala sesuatu yang kita perloleh dari alam dan dapat berguna bagi kehidupan manusia itu bisa disebut sumber daya alam.

Oleh sebab itu, para ahli mengelompokan sumber daya alam berdasarkan beberapa kategori sehingga ditemukan 8 jenis sumber daya alam dengan karakteristik dan manfaatnya masing-masing.

Lalu apa saja macam macam SDA yang ada disekitar kita ? simak artikelnya dibawah.

Sumber daya alam (SDA) merupakan segala sesuatu yang diperoleh dari alam dan dapat digunakan untuk memenuhi segala jenis kebutuhan manusia. SDA ini tidak hanya mencakup hal-hal yang terlihat seperti tumbuhan dan bahan bakar alam, tapi juga mencakup hal yang tidak terlihat seperti udara, dan gas alam.

Jadi bisa dikatakan, apapun yang berguna bagi kita yang asalnya dari alam disebut sumber daya alam.

Jenis Sumber Daya Alam


Secara umum, hanya ada dua jenis sumber daya alam yang ada didunia. Yakni  SDA terbaharukan dan SDA tak terbaharukan.

1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

SDA yang dapat diperbaharui merujuk pada sumber daya yang bisa terus diproduksi sehingga ketersediaannya akan berkesinambungan. Ada banyak contoh sumber daya alam yang terbaharukan diantaranya seperti ; segala jenis tumbuhan, hewan, udara, sinar matahari, angin dan air.

Meskipun ketersediannya cukup berlimpah, penggunaan SDA jenis ini tetap harus terkontrol agar tidak berlebihan. Karena sebanyak apapun sumber daya dialam, apabila di eksploitasi secara berlebihan akan mengancam kelangkaan sumber daya tersebut dimasa yang akan datang.

2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui artinya segala sumber daya dari alam yang memiliki jumlah terbatas dan pembentukannya memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga penggunaan SDA ini lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus menerus maka SDA ini akan benar-benar habis.

Contohnya minyak bumi, batubara, emas, besi dan aneka bahan tambang lainnya.

Dari dua jenis sumber daya alam diatas, kalau dikupas secara lebih spesifik lagi maka kita akan menemukan 10 jenis turunan sumber daya alam, yakni ;
  • Berdasarkan pembentukannya : sumber daya alam hayati, dan sumber daya alam non hayati
  • Berdasarkan pemanfaatannya : SDA materi, SDA energi, SDA ruang, dan SDA waktu
  • Berdasarkan nilai pakainya : SDA eknonomis, SDA non-ekonomis
  • Berdasarkan lokasinya : SDA akuatik, dan SDA terrestial


1. Sumber daya alam hayati


Tenaga kuda dimanfaatkan sebagai SDA hayati

SDA hayati adalah segala jenis sumber daya yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Manusia paling banyak memanfaatkan SDA hayati untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti untuk pakan, sandang, dan papan.

Contoh penggunaan SDA hayati, antara lain ;

  • Sebagai makanan seperti tanaman padi, buah, sayur dan hewan konsumsi.
  • Sebagai bahan furniture, seperti segala jenis kayu
  • Sebagai bahan bakar, seperti kelapa sawit dan kayu bakar
  • Obat - obatan seperti tanaman obat
  • Sebagai bahan pakaian, seperti sutera (kepompong) dan wol (domba)
  • Sebagai hiasan seperti tanaman hias dan bunga
Baca juga : Pengertian, Manfaat, dan Contoh Sumber Daya Alam Hayati

2. Sumber daya alam non-hayati


Angin dan cayaha matahari merupakan SDA non hayati yang digunakan sebagai pembangkit listrik

SDA non-hayati adalah segala jenis sumber daya dari alam yang terbentuk dari benda mati atau bukan dari makhluk hidup. Contoh sumber daya alam non hayati antara lain ;

  • Air, merupakan material yang paling banyak dibutuhkan oleh makhluk hidup. Bumi sendiri sebagian besar disusun oleh air, sehingga untuk saat ini air sangat mudah diperoleh.
  • Sinar matahari, sinar matahari digunakan sebagai bahan baku pembangkit listrik tenaga surya, juga dibutuhkan tumbuhan untuk fotosintesis.
  • Udara, manusia memerlukan oksigen untuk bernafas dan tumbuhan perlu karbondioksida untuk fotosintesis. Oksigen dan karbondioksida tersedia secara melimpah diudara.
  • Tanah, tanah digunakan oleh manusia untuk mendirikan rumah, dan bercocok tanam. Selain itu tanah juga dipakai sebagai bahan baku kerajinan keramik. Pada tumbuhan, tanah menjadi tempat hidupnya tanaman darat.
  • Hasil tambang, hasil pertambangan seperti minyak bumi, batubara dan gas alam berwujud benda mati dan manusia menggunakannya sebagai bahan bakar.


3. Sumber daya alam materi

Berdasarkan pemanfaatannya, sumber daya alam materi adalah jenis material anorganik sebagai bahan dasar pembuatan segala sesuatu yang berguna seperti perlengkapan sehari-hari. SDA materi ini bukan hanya berasal dari bahan tambang, tapi juga bahan-bahan yang dapat ditemukan tanpa penambangan.

Contohnya, besi yang dapat digunakan untuk membuat perlengkapan manusia seperti bahan konstruksi, pelengkapan rumah tangga dan bahan baku kendaraan. Selain besi, ada emas, logam-logam lainnya dan tanah yang dijadikan bahan baku pembuatan keramik.

4. Sumber daya alam energi

SDA energi adalah sumber daya anorganik yang diperoleh dari alam yang berbentuk bahan bakar, atau dapat menghasilkan energi. Penggunaan SDA ini juga sebagai bahan bakar menghidupkan sesuatu. Meski berbentuk bahan bakar, SDA ini tidak hanya berasal dari pertambangan, tapi juga diperloleh dipermukaan bumi.

Contohnya, antara lain

  • Minyak bumi apabila diolah akan menghasilkan produk-produk turunan seperti bensin, solar, yang dipakai kendaraan dan avtur untuk pesawat.
  • Gas alam, digunakan sebagai bahan bakar kompor gas
  • Batubara, sebagai bahan bakar industri dan PLTU
  • Sinar matahari sebagai bahan baku pembangkit listrik tenaga surya
  • Angin sebagai bahan baku pembangkit listrik tenaga angin
  • Air sebagai bahan baku pembangkit listrik tenaga air


5. Sumber daya alam ruang

Sumber daya ruang adalah jenis sumber daya, dimana yang dimanfaatkan adalah ruang kosong tersebut. Contohnya, pada tanah lapang. Tanah lapang adalah ruang terbuka yang masih kosong (belum ditempati bangunan apapun).

Manusia bisa memanfaatkan sumber daya ruang tersebut sebagai tempat membangun rumah, membangun usaha,  atau tempat untuk berkebun.

6. Sumber daya alam waktu


  • Sumber daya alam waktu adalah sumber daya yang terkait dengan waktu pemanfaatannya. Jadi secara sederhana, misal di Indonesia itu ada dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Pada musim hujan, petani bisa memanfaatkannya untuk menanam padi.
  • Pada musim kemarau, petani garam bisa memanfaatkannya untuk memanen garam laut.

Selain itu untuk buah-buahan yang berbuah musiman juga memanfaatkan waktu/musim agar bisa dipanen.

Karena yang dimanfaatkan waktu/musimya, maka ini masuk kedalam sumber daya alam dengan jenis waktu.

7. Sumber daya alam ekonomis

SDA ekonomis adalah segala sesuatu dari alam yang memiliki harga jual mahal dan untuk memperolehnya juga memerlukan biaya yang juga tinggi. Contohnya logam mulia seperti emas, timah dan bahan bakar fosil.

8. Sumber daya alam non ekonomis

SDA non ekonomis adalah jenis sumber daya dari alam yang sangay melimpah dan bisa kita peroleh tanpa mengeluarkan biaya dan untuk mendapatkannya juga sangat mudah. Contohnya air disungai, sinar matahari, udara, ranting pohon dihutan.

9. Sumber daya alam akuatik

Adalah segala jenis sumber daya yang diperoleh dari perairan, contohnya segala jenis biota air, terumbu karang, dan rumput laut.

10. Sumber daya alam terrestial

Merupakan segala jenis sumber daya yang diperoleh dari daratan, contohnya hasil-hasil hutan, hewan daratan, hasil tambang dan lain sebagainya.