Rem Mobil Anda Macet ? Cek 6 Penyebab + Cara Mengatasinya Berikut

Advertisement
Apakah anda pernah mengalami saat menginjak rem lalu melepasnya, ternyata roda masih terkunci ? padahal pedal rem tidak lagi kita injak. Ini mungkin gejala kalau rem mobil anda macet.

Sementara itu, kita tahu kalau sistem rem itu cukup vital keberadaannya, terbayang apa jadinya jika sistem rem ini macet. Tentu rem bisa blong dan membahayakan seluruh penumpang kendaraan.

Lalu apa penyebabnya ? dan bagaimana cara mengatasinya ? simak artikel dibawah/

Penyebab rem mobil macet/seret

rem mobil diesel macet

1. Terkena kotoran dan tidak dibersihkan

Kotoran memang tidak secara langsung bisa menimbulakan kemacetan sistem rem, tapi jika kotoran beruba lumpur dan kotoran tersebut menumpuk dan tidak kunjung dibersihkan, bisa menghambat pergerakan silinder roda rem. Debu memiliki partikel cukup kecil yang bisa masuk ke celah silinder roda.

Untuk menanggulanginya, rutin untuk melakukan pembersihan sistem rem setiap jadwal service atau tiap 5.000 KM. Untuk membersihkannya bisa anda baca artikel Cara membersihkan sistem rem dengan benar.

2. Terkena Air secara terus menerus

Air hujan bersifat korosif, sehingga jika kubangan air hujan menggenangi ban mobil hingga merendam rem, maka bisa beresiko menimbulkan karat. Karat itu bisa saja menghambat kinerja silinder roda.

Untuk menanggulanginya, usahakan cuci mobil khususnya bagian rem menggunakan air bersih. Tujuannya agar zat asam pada air hujan yang menempel pada kendaraan dapat luntur.

3. Seal output silinder rusak


Seal output berlokasi diluar bagian silinder roda. Fungsinya untuk menghambat partikel atau benda dari luar menuju kedalam sistem hidrolik rem. Jika seal ini rusak bisa mengakibatkan banyak hal, salah satunya kebocoran fluida dan juga bisa menimbulkan kemacetan piston pada silinder roda akibat adanya debu.

4. Lama tidak digunakan

Mobil yang dalam waktu lama tidak digunakan juga bisa mengalami kemacetan. Alasanya, cairan hidrolik yang tidak berinteraksi bisa menimbulkan efek korosif terhadap dinding silinder roda. Kerak tersebut bisa membuat kinerja piston didalam silinder roda menjadi terhambat.

5. Sudah berumur

Umur memang menjadi faktor yang bisa membuat kinerja suatu benda mengalami penurunan. Termasuk pada sitem pengereman, jika sudah berumur cukup lama dan belum mengalami penggantian maka bisa saja berakibat penurunan fungsi. Oleh sebab itu, jika mobil anda termasuk mobil berumur di atas 8 tahun maka cara teebaik untuk menghindari masalah ini yakni diganti.

Bagaimana Cara Mengatasi Rem Yang Telah Macet ?


Pada rem tromol dan cakram mobil, masalah ini kerap muncul karena beberapa penyebab diatas. Ketika mobil anda mengalami hal ini, maka anda perlu melakukan pembongkaran.

Pada rem cakram, masalah ini biasanya terjadi pada caliper rem. Dimana piston didalam caliper rem tidak bergerak karena ada partikel yang menghambat. Sementara rem tromol, masalah terletak pada silinder roda.

Pastikan aliran fluida rem mencapai silinder roda, kemudian lepas bagian silinder roda dan lakukan beberapa service. Untuk melakukan service silinder roda agar tidak seret bisa anda simak pada video youtube dibawah ini.


Demikian artikel singkat kita mengenai penyebab dan cara mengatasi rem macet baik rem cakram atau rem tromol pada mobil. Semoga bisa bermanfaat.