Ban Mobil Anda Bergelombang ? Ini 5 Penyebab + Solusinya

Advertisement
Fungsi ban pada mobil layaknya sepatu yang menyelimuti kaki kita. Pada mobil, ban ini bertugas untuk menyerap getaran dari permukaan jalan sehingga berkendara menjadi lebih nyaman dan aman.

Namun terkadang kita menemukan beberapa masalah seperti mobil yang bergetar, atau kemudi yang condong ke salah satu arah saat kita tidak memegang stir. Tentu ini akan mengganggu kenyamanan kita.

Ternyata salah satu penyebabnya ada pada ban yang tidak rata atau bergelombang. Lalu apa penyebab ban mobil tidak rata dan bagaimana cara mengatasinya ? simak ulasan dibawah.

Penyebab Ban Mobil Bergelombang


Ban mobil terbuat dari karet, sementara kita tahu kalau karet itu lunak (mudah aus). Sehingga dalam kurun waktu tertentu ban pasti akan aus (tire wear). Namun terkadang keausan ban tersebut terjadi secara tidak merata itulah yang kadang membuat mobil menjadi kurang nyaman dikendarai.

Dilansir dari Bridgestonetire.com ada beberapa tipikal keausan ban yakni ;

1. Keausan ban dibagian tengah


jual ban mobil achilles mobil
img : bridgestonetire.com

Kalau kita menemukan ban mobil kita botak tapi hanya dibagian tengahnya saja, itu menandakan tekanan angin ban terlalu tinggi. Sehingga bagian tengah ban akan lebih menonjol karena memang bagian tengah ban dibuat lebih tinggi.

Sehingga hanya bagian tengah ban yang bergesekan dengan permukaan jalan, inilah yang membuat bagian tengah ban akan aus lebih cepat.

Solusinya ; cukup atur tekanan angin ban sesuai yang direkomendasikan.

2. Keausan ban dibagian samping luar dan dalam

Kebalikan dari yang pertama, kalau tekanan angin berlebih maka bagian tengah akan lebih menonjol tapi kalau tekanan angin ban dibawah standar maka ban akan kempes. Saat ban kempes, maka lebar ban akan menjadi lebih besar karena bagian samping ban akan menjadi titik tumpu kendaraan.

Dengan kata lain, saat ban kempes bagian samping ban yang akan bergesekan dengan aspal sehingga keausan ban dibagian samping akan lebih cepat.

Solusinya sama seperti nomor 1.

3. Keausan ban dibagian luar saja

Apa penyebabnya kalau hanya bagian luar ban yang mengalami keausan ? ini artinya posisi ban tidak garis lurus dengan permukaan jalan. Dengan kata lain sisi atas ban lebih keluar daripada sisi bawah ban. Kondisi ini sering disebut dengan positive camber.

jual ban ring 16 murah
img : bridgestonetire.com

Positive camber memang diperlukan pada sistem suspensi machperson untuk mengantisipasi beban kendaraan yang berlebih. Namun kalau positive camber ini terlalu besar otomatis posisi ban miring dan bagian luar ban akan menjadi titik tumpu kendaraan sehingga bagian luar banlah yang akan lebih dulu mengalami keausan.

Baca pula Pengertian chamber, caster, dan toe pada roda mobil

Secara umum, camber memang sudah diset dari pabrik tapi ada beberapa hal yang dapat mengubah sudut positive camber ini seperti ;

  • Pegas suspensi yang terlalu keras
  • Ada penambahan panjang pada unit shock breaker
  • Kesalahan dalam pemasangan lower arm


Solusinya, anda perlu melakukan pemeriksaan kaki-kaki mobil dan lakukan spooring balancing.

4. Keausan ban dibagian dalam saja

Sementara kalau yang aus ada pada ban bagian dalam saja, maka ini artinya negative camber terlalu besar. Kebalikan dari positive camber, negative camber adalah kondisi dimana sisi bawah ban lebih keluar dibandingkan sisi atas ban.

Pada sistem suspensi machperson, negative camber secara otomatis terbentuk saat mobil terus tertekan kebawah melawan pegas suspensi. Hal-hal yang dapat menekan mobil kearah bawah antara lain ;

  • Beban mobil yang berlebih
  • Ada kerusakan bushing shock depan sehingga membuat panjang unit shock breaker lebih kecil.
  • Pegas suspensi yang sangat lemah


Keausan ban dibagian dalam ini lebih sering terjadi khususnya pada mereka yang sering membawa beban pada mobilnya. Solusi untuk masalah ini, yakni ;

  • Memperhatikan kondisi bushing, kalau rusak segera ganti.
  • Perhatikan kondisi spring dan shock absorber, kalau lemah segera ganti.
  • Perhatikan barang bawaan/beban yang masuk ke dalam mobil, pastikan tidak berlebihan.


5. Keausan ban yang acak dan tidak merata

Terakhir, terkadang ada kondisi dimana permukaan ban aus tapi tidak merata. Selain itu, permukaan ban juga cenderung berbulu seperti terkena gesekan. Ternyata ini disebabkan karena sudut toe yang tidak tepat.

penyebab ban mobil cepat rusak
img : bridgestonetire.com

Sudut toe adalah posisi roda dimana bagian sisi depan roda dan sisi belakang roda tidak lurus. Kalau sisi depan roda lebih keluar itu dinamakan “toe out”, sementara kalau sisi belakang roda lebih keluar dinamakan “toe in”.

Keduanya baik toe out atau toe in, diperlukan sebagai koreksi camber agar kendaraan mampu melaju sesuai arah yang dikehendaki. Namun sudut toe yang berlebihan justru akan menimbulkan gesekan antara permukaan jalan dan permukaan ban. Arah gesekan ini menyilang sehingga efek keausan yang ditimbulkan nampak seperti bergelombang.

Hal yang mempengaruhi sudut toe ini adalah penyetelan tie rod end. Kalau terlalu jauh, maka toe in akan terlalu besar. Sementara kalau terlalu dekat, toe out akan terlalu besar. Untuk mengatasi, anda perlu membawa mobil anda ke bengkel spooring balancing. Disitu akan dilakukan FWA (front wheel aligment) beserta penyeimbangan putaran roda.

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan rotasi ban tiap kali servis agar keausan ban bisa lebih merata ke empat roda. Sehingga kalau semua roda sudah rata aus, anda bisa ganti keempat roda dengan yang baru.

Untuk biaya gantinya, tentu sangat bervariasi tergantung merk ban yang anda gunakan. Untuk merk dunlop dan brigestone tentu berbeda, tapi paling baik memang gunakan ban dengan merk dan spesifikasi sama seperti ban sebelumnya.

Karena tipe ban lama sudah teruji kekuatannya pas dengan performa mobil.

Itu saja artikel singkat tentang ban mobil bergelombang semoga bisa menambah wawasan kita semua.