3 Penyebab Sepele Asap Keluar Dari Kap Mesin + Solusinya

Advertisement
Asap itu identik dengan kebakaran, coba saja anda lihat pada pembakaran sampah, pasti asapnya membumbung tinggi. Tapi bagaimana kalau asap ini keluar dari bagian vital mobil, yakni dibagian kap mesinnya ?

Apa itu menandakan mesin mobil kita terbakar ? tapi jangan berspekulasi berlebihan, karena ada beberapa penyebab yang sepele hingga serius sehingga menimbulkan asap pada ruang mesin.

Oleh karena itu diartikel ini, kita akan membahas penyebab kap mesin berasap.

Penyebab Kap Mesin Berasap

img ; autointhebox.com

Asap atau kebul itu merupakan hasil dari pembakaran suatu material yang berlangsung tidak secara sempurna. Artinya, pembakaran ini menghasilkan banyak karbon monoksida dan sulfur sehingga warnanya agak kelabu.

Untuk didalam kap mesin, apakah mungkin mengeluarkan asap ?

Kalau pertanyaannya seperti itu, mungkin saja karena mesin bekerja dengan membakar campuran udara dan bahan bakar. Tapi mesin itu memiliki exhaust system yang mengatur gas buang agar keluar dari knalpot.

Sehingga, untuk masalah kap mesin berasap ini pasti ada yang tidak beres.

Setidaknya, ada tiga hal yang bisa disimpulkan ketika kita melihat ada kepulan asap dari dalam kap mesin. Yakni ;

1. Asap biru tipis karena oli yang terbakar

Apabila anda melihat ada asap berwarna biru tipis dari dalam kap mesin anda, itu tandanya oli mesin terbakar oleh panasnya mesin.

Tapi oli mesin itu tempatnya didalam mesin yang tertutup rapat, bagaimana mungkin oli terbakar dan asapnya keluar ?

Ternyata, kasus ini hanya terjadi karena ada ceceran oli pada bagian luar mesin. Biasanya seusai penggantian filter oli akan ada ceceran oli didekat rumah filter oli. Apabila ceceran oli  tersebut mengenai bagian panas mesin seperti exhaust manifold, maka saat mesin dihidupkan oli tersebut akan terbakar oleh panasnya exhaust manifold. Sehingga akan ada asap biru tipis yang keluar dari dalam kap mesin.

Masalah ini, tergolong masih sepele karena saat ceceran oli tersebut terbakar semuanya maka asap dari ruang mesin akan menghilang. Tapi kalau ternyata sampai dua-tiga jam mesin hidup asap dari ruang mesin ini tak kunjung hilang, itu tandanya ada bocor oli.

Bocor oli ini bisa terjadi karena pemasangan filter oli kurang kencang, atau ada seal oli yang rusak. Untuk mengeceknya, anda perlu melihat secara langsung mobil anda. Gunakan bantuan senter untuk melihat apakah ada kebocoran oli, atau tidak. Kebocoran oli ini ditandai dengan rembesan dan biasanya banyak debu yang menempel pada rembesan itu.

2. Asap abu-abu/kehitaman karena packing knalpot yang rusak

Kalau asap yang keluar berwarna abu-abu atau cenderung kehitaman, itu tandanya asap dari pembakaran mesin. Normalnya, asap dari pembakaran mesin ini akan disalurkan sepenuhnya ke catalytic converter dan ke knalpot.

Tapi kalau asap hitam ini mengepul dari dalam kap mesin, berarti ada kebocoran pada saluran knalpot mobil anda.

Umumnya, bagian packing pada tiap sambungan exhaust system yang menjadi masalah. Bisa packing exhaust manifold, packing catalytic converter, atau packing sambungan knalpot. Selain itu, kalau saluran knalpot mobil bocor akan muncul suara kasar dari mesin karena suara pembakaran mesin juga bocor (tidak sepenuhnya disalurkan ke mufler).

Solusinya, mudah kalau packing rusak ganti tapi kalau sambungan knalpot kurang kencang, tinggal dikencangkan.

3. Asap putih karena mesin overheat

Overheat adalah kondisi dimana suhu mesin melebihi suhu kerjanya dalam waktu yang relatif lama. Overheat ini bisa disebabkan banyak hal, tapi kalau mesin mobil anda overheat biasanya akan muncul beberapa gejala.

Seperti temperature kabin yang ikut naik, dan kalau dibiarkan akan ada kepulan asap putih dari dalam kap mesin. Asap ini berasal dari coolant atau air pendinging yang terbakar oleh panasnya mesin. Berbeda dengan dua jenis asap diatas, asap putih karena overheat ini memiliki kuantitas yang cukup banyak sehingga ketika anda buka kap mesin, asap langsung mengepul dari dalam mesin.

Untuk masalah ini, anda perlu mematikan mesin kendaraan dan menunggu tenaga ahli untuk melakukan pengecekan kondisi mobil anda.

Baca pula ; Penyebab mesin motor overheat + solusinya

4. Kebocoran air radiator

Selain oli mesin, air radiator yang bocor dan mengenai bagian panas mesin juga dapat mengeluarkan asap. Ini seperti uap air, pada air mendidih akan ada uap yang warnanya sedikit kelabu.

Kalau volume air radiator yang bocor itu kecil, seperti tetesan saja mungkin uap tersebut tidak terlalu terlihat. Tapi kalau kebocoran sudah lebih besar, maka asap akan terlihat jelas.

Untuk maslaah ini, maka temperatur mesin akan naik dengan drastis sehingga indikator suhu mesin akan menyala, dan level temperatur mesin juga ada pada tingkat tertingginya.

Kalau anda mengalami masalah ini, segera pinggirkan mobil anda dan buka kap mesin untuk mendinginkan mesin.

Satu lagi, asap dari dalam kap mesin juga bisa muncul karena ada korsleting arus listrik. Korsleting ini akan menimbulkan panas disekitar korsleting, dan apabila ada komponen berbahan plastik pasti akan terbakar dan mengeluarkan asap dengan bau yang khas (bau plastic terbakar).

Ini sedikit sulit dideteksi karena asap akibat korsleting ini sangat minim namun efeknya cukup besar. Sehingga kalau anda mencium bau plastik terbakar saat sedang mengemudi, segera pinggirkan kendaraan dan lakukan pengecekan.

Itu saja artikel singkat tentang penyebab asap keluar dari kap mesin, semoga bisa menambah wawasan kita.