Mobil Bergetar Saat Lepas Kopling, Cek 5 Penyebab Berikut

Advertisement
Masalah yang cukup mengganggu pada mobil adalah getaran, tapi getaran ini terjadi saat kita melepas pedal kopling. Apa mungkin kampas kopling sudah tipis dan perlu diganti ? atau ada komponen lain yang mungkin jadi penyebabnya ?

Kita akan membahas semua penyebabnya diartikel ini, karena memang benar mobil yang getar saat lepas kopling tidak mesti masalahnya ada di kopling.

Karena ada banyak sekali komponen mesin dari mulai mesin, hingga roda yang berpotensi menimbulkan getaran. Lalu apa saja penyebabnya ?

Penyebab Mobil Bergetar Saat Kopling Dilepas


Secara umum, ada 5 penyebabnya

1. Kampas kopling tipis


Penyebab yang pertama adalah dari sektor kopling itu sendiri, komponen kopling yang paling cepat rusak adalah kampas kopling. Karena kampas kopling ini merupakan piringan berbahan keramik yang selalu bergesekan.

Sehingga permukaan keramik tersebut akan cepat tergores dan akhirnya aus/tipis. Kalau kampas kopling sudah tipis, maka akan menimbulkan beberapa gejala seperti ;

  • Kopling mudah selip
  • Tenaga mobil berkurang
  • Pedal kopling getar saat dilepas


Mengapa bisa bergetar ?

Kalau kita lihat pada prinsip kerja kopling, kita akan menemukan alasannya. Kopling mobil itu terdiri dari tiga bagian utama yakni flywheel sebagai pemutar (drive plate), kampas kopling sebagai plat yang diberi putaran (driven plate) dan matahari kopling atau pressure plate sebagai penggerak kampas kopling.

Saat pedal kopling ditekan, kampas kopling akan renggang antara flywheel dan matahari kopling. Saat dilepas, matahari kopling akan menggeser kampas kopling ke arah flywheel sehingga kampas kopling akan terjepit antara flywheel dan matahari kopling.


Saat matahari bersentuhan dengan kampas kopling, disitulah gesekan terjadi. Akibat dari gesekan ini, permukaan kampas kopling yang aus dan tidak rata karena bahan kampas kopling ini lebih lunak. Apabila kondisi kampas kopling sudah sangat tipis, maka getaran akan timbul.

Solusinya, anda perlu mengganti kampas kopling mobil dengan yang baru.

2. Matahari kopling tidak rata

Matahari kopling berbahan logam, meski demikian permukaannya juga bisa aus.

Ini terjadi sama seperti diatas, akibat dari gesekan antara kampas kopling dengan matahari kopling. Tapi keausan pada matahari kopling itu tidak secepat kampas kopling namun apabila kondisi kampas kopling sudah tipis dan tidak segera diganti, hal itu akan mempercepat keausan matahari kopling.

Apabila matahari kopling sudah aus, maka permukaannya juga tidak rata. Sehingga saat awal kopling dilepas, getaran akan timbul.

Untuk solusinya, sama seperti point pertama. Anda perlu mengganti matahari kopling, dan lebih baik lagi kalau kampas kopling aus, anda perlu menggantinya satu set bersama matahari dan release bearing.

3. Release bearing rusak

Apabila getaran pada kopling disertai dengan bunyi, maka bisa jadi release bearing juga kena. Release bearing adalah laher yang menekan matahari kopling saat pedal kopling diinjak. Laher ini sama seperti laher roda, dimana apabila bantalannya rusak maka akan menimbulkan bunyi hingga getaran.

Ciri utama saat release bearing rusak adalah ada bunyi dan getar saat pedal kopling diinjak hingga dilepas. Intinya, ketika kita menekan pedal kopling meski setengah, bunyi dan getaran itu muncul.

Solusinya, juga penggantian komponen. Karena komponen seperti laher dan dua komponen diatas tidak bisa diperbaiki sehingga perlu penggantian komponen.

4. Engine mounting rusak



Selain pada faktor teknikal pada kopling, ada juga faktor dari luar kopling salah satunya pada bagian engine mounting.

Mungkin anda sudah tahu, engine mounting adalah komponen yang menghubungkan mesin dengan frame kendaraan. Jadi pada engine mounting inilah mesin diletakan pada frame kendaraan. Fungsi utama engine mounting hanya untuk menahan mesin.

Engine mounting ini berbahan logam, namun ada karet didalamnya. Karet ini berfungsi sebagai penyerap getaran mesin sehingga ketika ada getaran pada mesin, getaran itu bisa diserap oleh karet yang elastis sehingga tidak sampai ke body kendaraan.

Tapi karet pada engine mounting ini juga bisa pecah, hal ini menyebabkan getaran pada mesin tidak terkendali. Sehingga jangan heran, kalau anda merasakan getaran pada mobil saat awal start hingga saat kopling dilepas.

Untuk mengatasi, juga perlu diganti tapi ada lebih dari satu engine mounting pada mesin. Setidaknya ada tiga engine mounting untuk mesin berkapasitas kecil dan empat engine mounting untuk mesin berkapasitas besar. Anda perlu mengecek satu persatu engine mounting yang dirasa sudah rusak baru diganti.

5. Ada cairan di permukaan kopling


Terkadang, ada juga mobil yang mengeluhkan koplingnya getar setelah melewati genangan air. Ini terjadi karena kopling mobil bersifat kering, sehingga kalau terkena cairan seperti air apalagi oli pasti akan menimbulkan selip hingga getaran.

Memang tidak setiap kopling mobil memiliki masalah dengan air, namun kalau gejala kopling getar ini muncul setelah mobil melewati banjir, bisa saja ini masalahnya.

Solusinya, perlu perbaikan di sektor kopling. Mungkin tidak ada penggantian, hanya pembersihan unit kopling dari segala material yang mengganggu.

Apa ada lagi selain 5 penyebab diatas ?

Ya, jelas tapi secara umum 5 penyebab diatas yang paling sering muncul. Mungkin itu saja artikel ini, semoga bisa menambah wawasan kita semua.