Berapa Biaya Service & Perbaikan AC Mobil ? Ini Rinciannya

Advertisement
AC mobil sudah menjadi kebutuhan yang tak kalah penting dalam sebuah kendaraan. Dengan iklim tropis yang suhunya bisa mencapai 30 derajat celsius disiang hari membuat AC menjadi pilihan agar kabin mobil terasa adem.

Tapi seperti komponen mobil lainnya, AC mobil juga perlu anda rawat.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk merawat sistem AC mobil adalah dengan membersihkan filter kabin secara rutin. Caranya tinggal lepas filter dari balik console box (dashboard sebelah kiri) lalu bersihkan menggunakan semprotan angin.

Namun, service AC tidak hanya itu. Karena masih ada komponen seperti kompresor, dryer, dan evaporator yang juga perlu dirawat.

Masalahnya, untuk mengakses komponen-komponen tersebut perlu keahlian serta kunci-kunci yang memadai. Sehingga secara simpelnya, kita tidak bisa merawat komponen-komponen tersebut seorang diri. Kita memerlukan jasa service AC yang sudah berpengalaman sehingga punya keahlian serta alat yang memadai untuk merawat AC mobil.

Pertanyaannya, berapa biaya yang diperlukan untuk service dan perbaikan AC ?

Kita akan ulas secara mendalam diartikel ini.

Kisaran Biaya Service dan Perbaikan AC Mobil


img : chiltondiy.com

Pertama kita perlu membedakan antara service dan perbaikan. Service adalah perawatan, artinya pekerjaan ini dilakukan secara berkala untuk menjaga kondisi AC tetap prima. Jadi sifat service adalah preventif untuk mencegah masalah pada AC.

Sementara perbaikan bersifat solisusif, artinya pekerjaan ini dilakukan ketika AC mobil anda mengalami masalah.

Dari pernyataan tersebut, maka biaya perbaikan itu bisa lebih mahal. Karena pada pekerjaan ini menuntut jasa lebih serta ada penggantian komponen. Tetapi itu juga tergantung jenis mobil dan komponen apa yang rusak, karena antara mobil A dan B bisa memiliki harga yang berbeda jauh hanya untuk satu part.

A. Kisaran Biaya Service AC


Service AC umumnya dilakukan pada interval 10.000 KM hingga 20.000 KM. untuk mobil yang berada dilingkungan macet, berdebu, perkotaan maka lebih baik gunakan interval 10 ribu KM untuk service. Sementara mobil dengan lingkungan lebih lengah, pedesaan mungkin bisa tahan hingga 20 ribu KM bahkan lebih.

Item yang dicek pada service AC meliputi ;

  • Flushing sistem AC
  • Pengecekan dan pembersihan blower
  • Ganti oli kompresor
  • Penggantian receiver dryer
  • Pembersihan kondensor
  • Pembersihan filter kabin
  • Penggantian freon AC (opsional)


Untuk biaya jasanya, setiap bengkel AC memiliki patokan yang berbeda. Dilansir dari Rotary Bintaro, harga service AC untuk mobil Jepang itu lebih murah yakni sekitar 300 ribu sementara untuk mobil Eropa dan Amerika, bisa tembus 1,2 juta rupiah. Itu hanya untuk jasanya.

Mobil Eropa lebih mahal karena sirkulasi AC lebih kompleks serta ruang service lebih sempit sehingga perlu alat lebih banyak, perlu membongkar lebih banyak komponen dan perlu tenaga serta waktu lebih banyak pula. Waktu normal untuk service AC ringan sekitar 1 jam, tapi kalai service Advance itu bisa sampai 2 jam.

Sementara kalau ada penggantian part, seperti penggantian receiver dryer, ganti oli kompresor, penggantian filter kabin dan penggantian freon maka tinggal dikalkulasikan biayanya.

1. Ganti oli kompresor
Kompresor AC juga memiliki pelumas tapi pelumas kompresor tidak seperti oli mesin, oli kompresor lebih bening dan aman saat menyatu dengan freon. Apabila oli kurang, maka akan menimbulkan suara ngorok pada kompresor hingga kompresor jebol.

Sehingga dalam service ringan AC mobil, penggantian oli kompresor wajib dilakukan. Item ini lebih popular dikenal dengan flushing kompresor (dilakukan bersama flushing AC system) dengan biaya sekitar 700 ribu.

2. Ganti receiver dryer
Receiver dryer adalah filter untuk menyaring segala jenis kotoran didalam freon serta menyerap air didalam freon. Komponen ini menggunakan bahan sejenis pasir silika yang dibungkus oleh pembungkus. Selama pembungkus ini aman, maka AC mobil akan normal. Tapi kalau pembungkusnya jebol maka pasir silika akan mencemari freon.

Kalau pasir silika ini sampai masuk ke kompresor, maka kompresor akan rusak. Dan kalau masuk ke kondensor akan menyumbatnya. Sehingga, dalam advance service komponen ini lebih baik diganti untuk mencegah kerusakan di kompresor dan kondensor. Harganya berkisar antara 90 sampai 150 ribu.


3. Mengganti freon
Untuk penggantian freon, memang dilakukan dengan interval sekitar 2 tahun atau lebih. Tujuannya supaya AC bisa lebih dingin kembali menggunakan freon baru. Untuk harga freon, sekitar 40-50 ribu (R134a/390 gram). Sementara untuk pengisiannya, sekitar 200 ribu menggunakan alat komputerisasi tanpa bongkar AC (dilakukan bersama flushing kompresor).

Jadi untuk service ringan AC, maka biaya yang diperlukan itu sekitar 1 juta rupiah untuk mobil Jepang (sudah bersama flushing AC system) dan untuk advance service bisa tembus 1,5 juta rupiah. Untuk mobil Eropa, mungkin kisaran biayanga 1,9 sampai 2,5 juta untuk service.

B. Perbaikan AC Mobil


Jenis pekerjaan kedua, adalah perbaikan AC mobil. Khusus untuk perbaikan AC mobil, harganya tidak bisa diprediksi selama anda belum tahu komponen apa yang rusak. Jadi kalau anda mengalami masalah pada sistem AC mobil, cek artikel ini 7 Penyebab AC Tidak Dingin + Cara Mendeteksinya untuk mendeteksi komponen apa yang mengalami masalah.

Setelah tahu, komponen yang rusak selanjutnya kita bisa mengestimasi biaya perbaikan di bengkel AC.

Secara umum biaya jasa bongkar pasang AC itu sekitar 700 ribu hingga 1,5 juta (tergantung tingkat kerumitan). Selanjutnya biaya tersebut tinggal ditambahkan harga komponen yang diperbaiki/ganti.

  • Ganti magnetic clutch @Rp. 500.000
  • Ganti kompresor @ Rp. 2.000.000
  • Ganti selang AC (high and low) @Rp. 350.000
  • Ganti kondensor @Rp. 550.000
  • Ganti Expansion valve @Rp. 250.000
  • Ganti evaporator @Rp. 1.400.000
  • Biaya isi freon + harga freon @Rp. 250.000


Jadi apakah semua komponen diatas diganti ? tentu tidak. Anda hanya mengganti komponen yang rusak saja, misal yang rusak hanya magnetic clutch maka biaya perbaikannya sekitar 700 ribu rupiah + pasang (lebih murah karena tidak perlu membongkar sirkulasi AC).

Namun kalau yang rusak adalah expansion valve maka perlu pembongkaran sehingga ongkos jasanya lebih mahal. 250 (harga expansion valve) + 250 (biaya isi freon) + 300 (jasa) = 800 ribu.

Sementara kalau anda mengganti satu set AC mobil anda, baru semua harga diatas dijumlakan dan ditambah lagi ongkos jasa yang tentunya lebih mahal. Tapi estimasi diatas masih berbentuk kasar, artinya ini bukan patokan resmi melainkan hanya sebagai acuan. Jadi biaya realnya tentu beda.

Sekian semoga bisa menambah wawasan kita semua.