Lampu Mobil Kurang Terang, Ini 7 Penyebab + Solusinya

Advertisement
Sebagai sistem penerangan utama pada kendaraan, headlight atau lampu depan bukan sebagai hiasan mobil saja tapi juga berfungsi untuk menunjang keselamatan pengemudi.

Tapi mungkin anda pernah merasakan kenapa lampu mobil lebih redup dari biasanya ? apalagi ketika masalah ini muncul pas kita sedang berada ditengah perjalanan melintasi jalanan yang gelap dan sepi pula.
Tentu tidak hanya berbahaya bagi kita tapi juga pengguna jalan lain. Oleh sebab itu, hari ini Autoexpose akan membahas secara detail penyebab dan solusi untuk masalah lampu mobil yang kurang terang.


Harga lampu HID mobil
img by practicalmotoring.com.au

Masalah yang sering muncul pada headlamp mobil

  • Lampu utama redup baik RPM rendah maupun tinggi
  • Lampu mobil terang sebelah
  • Lampu mobil mati sebelah
  • Lampu mobil berembun

Dari empat permasalah diatas, lampu yang redup menjadi sorotan utama kita di artikel ini.

Lampu mobil bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi cahaya. Umumnya lampu mobil menggunakan filamen, yakni sejenis kawat tipis untuk mengubah listrik menjadi cahaya.

Didalam bohlam lampu, tersebut sudah ada gas halogen. Fungsinya untuk membuat cahaya yang dihasilkan makin terang. Jenis lampu ini mirip seperti lampu bohlam kuning.

Masalah yang sering muncul pada lampu tipe bohlam adalah filamen yang sering putus. Apabila filamen ini bermasalah maka cahaya lampu juga akan bermasalah.

Jenis lain yang sekarang mulai marak adalah jenis LED Projector. Ini merupakan jenis lampu yang paling terang pada mobil, karena menggunakan rangkaian dioda pada lampu, tidak lagi menggunakan filamen.

Tapi lampu yang redup, itu bisa terjadi baik pada lampu tipe bohlam halogen maupun yang sudah pakai LED. Hal ini karna ada banyak faktor yang bisa jadi penyebabnya.


Penyebab Lampu Mobil Redup


1. Relay lampu rusak

Fungsi relay adalah sebagai jembatan bagi arus listrik utama dari baterai langsung masuk ke lampu. Didalam relay ada dua rangkaian, yakni rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar lampu dan rangkaian arus utama yang masuk ke lampu.

Saat saklar dinyalakan, maka rangkaian utama pada relay akan terhubung sehingga lampu bisa menyala.

Masalah yang sering terjadi adalah karena kontak didalam relay itu tidak kencang atau longgar. Sehingga air yang dialirkan pada selang, kalau sambungan selang renggang maka air akan bocor dan hanya sedikit air yang bisa disalurkan.

Begitu pula dengan arus listrik, saat kontak didalam relay renggang maka arus listrik yang sampai ke lampu itu menjadi lebih sedikit sehingga sinar lampu menjadi redup.

Ciri masalah ini, adalah saat anda menyentuh bagian atas relay headlamp akan terasa panas. Panas ini dikarenakan ada loncatan elektron dari kontak yang kurang kencang.

2. Soket lampu karatan

Karat ternyata bisa bertindak sebagai hambatan. Sama kasusnya seperti air, kalau didalam selang ada penghambat maka aliran air menjadi lebih kecil dan air yang disalurkan per detiknya menjadi berkurang.

Pada lampu, karat yang sering ada pada soket bisa menyebabkan penurunan tegangan yang masuk ke lampu. Akibatnya, sinar lampu kurang maksimal.

3. Soket lampu meleleh


cara mengatasi lampu mobil redup
img by challengertalk.com

Lelehan di area soket lampu juga berpotensi menyebabkan lampu mobil redup karena lelehan ini bertindak sebagai hambatan listrik.

Soket lampu yang meleleh, bisa diawali dari soket yang kurang klop atau kurang masuk ke dalam terminal lampu. Hal ini menyebabkan adanya loncatan elektron dari dua konduktor yang memiliki gap.

Loncatan elektron ini meninggalkan panas yang bisa melelehkan area sekitar terminal lampu yang umumnya berbahan plastik.

4. Aki lemah

Sudah menjadi hal yang lumrah kalau aki lemah berarti tegangan didalam aki juga lemah. Artinya bukan hanya lampu tapi kelistrikan lain juga menjadi kurang maksimal.

Contoh proses starting yang berat dan klakson yang suaranya lemah.

masalah ini umumnya terjadi saat kondisi mesin mobil dalam kondisi mati. Namun kalau mesin berhasil dihidupkan ada altenator yang sanggup menyuplai semua kebutuhan arus listrik.

Anda bisa me-recharge aki apabila tegangan aki drop. Namun kalau aki sudah tekor anda harus menggantinya.

5. Mika lampu kusam


membuat lampu kijang lebih terang

Kaca lampu atau mika lampu biasanya memiliki kondisi yang sangat bening ketika mobil baru berumur tiga hari. Namun kalau sudah lewat tiga tahun, maka kondisi mika akan menjadi lebih kusam.

Hasilnya, sinar yang dihasilkan lampu didalam head lamp tidak mampu tercancar keluar dengan sempurna karena kotoran yang menyelimuti mika lampu tidak bisa ditembus cahaya.

Solusinya anda harus mencuci mika lampu agar lebih bening. Hanya saja untuk melepas lampu perlu teknik khusus karena pengunci mika ini cukup kuat. Anda mungkin perlu alat pemanas untuk melemahkan pengunci mika.

6. Embun didalam mika lampu

Pernahkan anda melihat lampu mobil yang mika lampu/batok lampunya dipenuhi embun ? Meskipun posisinya tertutup, ternyata uap air itu bisa mengembun didalam mika lampu.

Apabila mika lampu dipenuhi embun, itu akan menghalangi pancaran sinar lampu sehingga lampu mobil akan terasa lebih redup.

Embun ini bisa muncul didalam mika lampu, karena proses kondensasi khususnya ketika mobil melintasi area bersuhu dingin. Kondisi didalam lampu yang lebih panas menyebabkan uap air mengembun pada kaca-kaca lampu.

Solusinya, bersihkan mika lampu menggunakan lap kering. Caranya lepas bohlam lampu kemudian lilitkan kain pada sebuah kayu lalu masukan kain yang terlilit kayu tersebut untuk mengusap embun dari dalam.

7. Bolam lampu rusak

Terakhir, masalah lampu mobil kurang terang juga bisa disebabkan karena kualitas bolam lampu itu sendiri. Ada beberapa jenis lampu yang digunakan pada mobil, antara lain bolam halogen dan lampu LED.

Untuk yang halogen, menggunakan kawat tipis bernama filamen yang apabila dialiri arus listrik maka akan membara. Gas halogen, dimasukan kedalam bolam agar bara pada filamen menjadi lebih terang.

Kalau kondisi filamen gosong, atau gas halogen pada bolam bocor maka lampu bisa menjadi redup. Kalau hanya sebelah (entah kiri atau kanan) lampu yang redup maka yang paling mungkin disebabkan karena bohlamnya.


Cara Membuat Lampu Mobil Lebih Terang


Cara terbaik untuk mengatasi lampu redup adalah dengan mengganti diantara 6 komponen diatas. Namun kalau masih belum terang, anda bisa membuat jalur lampu baru.

Caranya dengan menggunakan relay tambahan, anda bisa menghubungkan kabel dari baterai ke relay dan dari output relay bisa langsung dihubungkan ke soket lampu. Sementara kontrol relay tetap menjumper dari relay lampu asli didalam fusebox.

Cara ini memungkinkan arus listrik dari aki mengalir langsung ke lampu tanpa berputar-putar mengikuti wiring lampu mobil. Cara lainnya adalah dengan mengganti bolam lampu mobil dengan bolam baru yang memiliki spesifikasi lebih terang.

Apa mengganti bolam bisa membuat sinar lampu lebih terang ?



Secara teori, kalau kita pakai lampu baru yang memiliki filamen dan gas halogen masih baru maka sinar yang dihasilkan juga seperti saat mobil masih baru.

Apalagi kalau kita ganti menggunakan bolam lampu yang lebih terang. Contoh lampu yang paling terang dan populer digunakan untuk meningkatkan intensitas cahaya adalah bolam H4 90/100 W.

Anda bisa mendapatkan bolam ini di toko spare part otomotif, namun bolam dengan intensitas cahaya lebih tinggi biasanya mengeluarkan panas yang juga lebih besar. Sehingga pastikan reflektor lampu mobil anda kuat menahan panas lampu.

Selain itu, pastikan juga kondisi mika lampu itu benar-benar rapat. Hal ini dikarenan udara lembab yang masuk kedalam batok lampu, bisa mengembun saat mobil melintasi suhu area bersuhu dingin. Jadi, pastikan sambungan antara mika lampu harus rapat dan karet seal bohlam juga jangan sampai sobek.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai penyebab lampu mobil kurang terang dan cara mengatasinya. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.